Animasi Interaktif Pembelajaran Tata Cara Shalat Untuk Paud Menggunakan Adobe Flash Cs 6.0

Ani Wahyuni, Rame Santoso, Sidik -UBSI

Abstract


Abstract - Worship prayer is one of worship obligatory for the Muslims who crushing stepping legally baligh and sensible healthy. So that one becomes accustomed to worship, prayer should be introduced familiarized done as early as possible. That is why the material of prayer has been awarded since the bench Playgroup (KB) and Kindergarten (TK) based general or Islam / Quran education park (TPA). This material should be packed with good and interesting for children to learning prayers be a pleasant experience for them and ultimately may be the activities they always do with awareness and focused. Based on the analysis, it seems to be one of the challenges faced by teachers. Therefore one alternative offered is to develop the design of an interactive multimedia learning prayers with the target user should the birth and kindergarten age children Al Quran (TPA). The design of this application can be used as teaching aids for teachers and run independently by the target user. This application will be designed attractive by displaying animated prayer movement and the character played by cute children accompanied by a cleric as a companion character. Dialogue also designed using language typical cheerful children while all the prayers that must be recited by the characters read so users who do not / less have the ability to read can understand the material easily.Expected future design of these applications can be the basis for making interactive multimedia applications that can facilitate the learning prayers of children at a young age absorb the material taught prayer and become fun memory so that they can be given continuously

Keywords : Interactive animation, Learning  for Prayer.

 

bstrak - Ibadah shalat adalah salah satu ibadah wajib bagi kaum muslimin yang telak menginjak akil baligh dan berakal sehat. Agar seseorang menjadi terbiasa melakukan ibadah ini, shalat harus diperkenalkan dibiasakan dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itulah materi tentang shalat telah diberikan semenjak bangku Kelompok Bermain (KB)dan Taman Kanak-Kanak (TK) umum atau berbasis islam/taman pendidikan Al Quran (TPA). Materi ini harus dikemas dengan baik dan menarik bagi anak-anak agar pembelajaran shalat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka dan akhirnya dapat menjadi kegiatan yang selalu mereka lakukan dengan kesadaran dan istiqomah. Berdasarkan hasil analisis, hal ini rupanya menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengajar. Oleh sebab itu salah satu alternatif yang ditawarkan adalah dengan mengembangkan rancangan sebuah multimedia interaktif pembelajaran shalat dengan target usernya adalah anak pada usia dini. Rancangan aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu ajar bagi pengajar maupun dijalankan secara mandiri oleh target user. Aplikasi ini akan dirancang menarik dengan menampilkan animasi gerakan shalat dan diperankan oleh karakter anak-anak yang lucu disertai dengan karakter seorang ustadzah sebagai pendampingnya. Dialog yang dilakukan juga dirancang menggunakan bahasa ceria khas anak-anak sementara semua doa yang harus dibaca akan dilafalkan oleh karakter sehingga user yang tidak/kurang memiliki kemampuan membaca dapat memahami materinya dengan mudah. Diharapkan rancangan aplikasi ini nantinya dapat menjadi dasar pembuatan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran shalat yang dapat mempermudah anak-anak pada usia dini untuk menyerap materi shalat yang diajarkan dan menjadi memori yang menyenangkan sehingga mereka dapat mengingat terus menerus.

Kunci : Multimedia Interaktif, Pembelajaran Shalat.


Full Text:

PDF

References


Absari, Dhiani Tresna. 2013 . Analisis Dan Desain Multimedia Interaktif Pembelajaran Sholat Bagi Anak Usia Kelompok Bermain Dan Taman Kana-Kanak. Scan : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1). pp. 11-17. ISSN : 1978-0087. Diambil dari :

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/1275

Binanto, Iwan. 2010 . Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangan. Yogyakarta:CV.Andi Offset.

Ernawati. 2012 . Media Pembelajaran Shalat Bagi

Anak Berbasis Multimedia. ISSN : 1979-9330. Jurnal Ilmiah Volume 9, No 1.2012. Diambil dari:

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/1275

H.M, Jogiyanto. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Jubille, Enterprise. 2010. 30 Bisnis Berbasis Ide Bagi Siapapun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. 2006. Rekayasa

Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms. 2012. Adobe Flash Profesional CS6 Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi Offset.

Purmawanto, Agus. 2013.Media Pembelajaran Bahasa Inggris Mengenai Telling , Hospital, Dan Shapes Untuk Anak Sekolah Dasar. ISSN : 1970- 9330. Jurnal Ilmiah Volume 5, No . 2013.

Diambil dari:

http://ijins.org/journal/index.php/speed/article/view/983

Simarmata, Jenner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sunyoto,Andi. 2010. Adobe Flash+XML=Rich Multimedia Application. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.55181/speed.v11i3.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPEEDD - Sentra Penelitiian Engineering dan Edukasi - 1979-9330 (P) 2088-0154 (O) 2088-0162(C)

GIF - Global Impact Factor 2012 : 0.345, 2013 : 0.412, UIF - Universal Impact Factor - 2014 : 0.12769, SJIF – Scientific Journal Impact Factor 2012 : 4.074, Google Scholar h5 Index: 15, h5 Median: 31