Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data dan Pengarsipan Menggunakan Model Waterfall

Fatmawati ., Ferryanto -STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Cep Adiwihardja - AMIK BSI Jakarta

Abstract


Description: PT. Dinamika Persada Makmur in offering its products still use the catalog so it is ineffective and inefficient because the customer or u prospective customers only see the product offered on a limited basis from the catalog only, data processing and archiving system still using the manual that is by using paper is not effective. So it takes a long time in the search data because of the number of existing documents and data processing is not tidy then it takes a web -based application system that can store all archival information and can simplify the data processing and archiving. The method used is SDLC with waterfall model consisting of three steps. From the results of this study submitted that after the analysis found the problems that occur in data processing and archiving system. To solve the problem by utilizing web-based digital archives.

Keywords: Information Systems Data Processing, Archiving, Waterfall, UML.

 

Deskripsi: PT. Dinamika Persada Makmur dalam menawarkan produknya masih menggunakan katalog sehingga tidak efektif dan tidak efisien karena pelanggan atau calon pelanggan hanya melihat produk yang ditawarkan secara terbatas dari katalog saja, sistem pengolahan data dan pengarsipan masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan kertas sangat tidak efektif. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pencarian data karena banyaknya dokumen yang ada serta pengolahan data yang tidak rapi maka dibutuhkan sebuah aplikasi sistem berbasis web yang dapat menyimpan semua informasi kearsipan dan dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pengarsipan. Metode yang digunakan adalah SDLC dengan model waterfall yang terdiri dari tiga langkah. Dari hasil Penelitian ini disampaikan bahwa setelah dilakukan analisis ditemukannya masalah yang terjadi pada sistem pengolahan data dan pengarsipan. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan arsip digital berbasis web.

Kata Kunci: Sistem Informasi Pengolahan Data, Pengarsipan, Waterfall, UML.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.55181/speed.v9i4.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPEEDD - Sentra Penelitiian Engineering dan Edukasi - 1979-9330 (P) 2088-0154 (O) 2088-0162(C)

GIF - Global Impact Factor 2012 : 0.345, 2013 : 0.412, UIF - Universal Impact Factor - 2014 : 0.12769, SJIF – Scientific Journal Impact Factor 2012 : 4.074, Google Scholar h5 Index: 15, h5 Median: 31