Pembuatan Aplikasi Game Sebagai Media Pendidikan Bagi Perkembangan Pola Pikir Anak

Sularto ., Tri Irianto Tjendro, Gesang Kristianto Nugroho - Universitas Surakarta

Abstract


ABSTRACT: GAME is one of the major industries in the world today. Game development so rapidly
with diverse types. Ranging from games for children up games for adults. Most games currently
available more leads to violence is not good for the development of children's mindset. This is why
the level of concern of parents towards their children when playing games. Therefore, in this study
will develop a game application by choosing how much influence the game on the development of
learning and behavior pattern of the child as an object of research. This game app called Game
Brain Game Guess which includes Word, Game Arrange the figures, Tic Tac Toe Game, Game
Snakes and Ladders, and Picture Pairs Game Game 10 Seconds. This study aims to create a mini
game that is intended for children aged 8 years and above with educational gaming properties.
This study will use the observation method is by direct observation, literature that is the collection
of data - data from books and the internet, the interview is to do a question and answer to the
sources concerned, the system design is to design and create a game application, with Visual
Basic Version 6.0 as The main software manufacture.
We make this Brain game, children can play while learning the benefits can develop the mindset of
a child and the child's emotional level can be controlled, so that parents no longer worry when their
children play games.
Keywords: Applications Game Brain.
ABSTRAKSI : GAME merupakan salah satu industri besar didunia saat ini. Perkembangan game
begitu pesat dengan jenis yang beragam. Mulai dari game untuk anak-anak hingga game untuk
orang dewasa. Kebanyakan game yang beredar saat ini lebih menjurus pada kekerasan yang tidak
baik bagi perkembangan pola pikir anak. Hal inilah yang menyebabkan tingkat kekawatiran orang
tua terhadap anak saat anaknya sedang bermain game. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan
dikembangkan suatu aplikasi game dengan memilih seberapa besar pengaruh game terhadap
perkembangan pola belajar dan tingkah laku anak sebagai obyek penelitian. Aplikasi Game ini
dinamakan Game Asah Otak yang meliputi Game Tebak Kata, Game Susun Angka, Game Tic Tac
Toe, Game Ular Tangga, Game Pasangan Gambar dan Game 10 Detik. Penelitian ini bertujuan
untuk membuat mini game yang ditujukan bagi anak-anak usia 8 tahun keatas dengan sifat game
mendidik. Penelitian ini akan menggunakan metode observasi yaitu dengan melakukan
pengamatan secara langsung, kepustakaan yaitu pengumpulan data – data dari buku dan internet,
wawancara yaitu melakukan tanya jawab kepada nara sumber yang bersangkutan, perancangan
sistem yaitu merancang dan membuat aplikasi game, dengan Visual Basic Versi 6.0 sebagai
sofware utama pembuatan.
Dengan dibuatnya game Asah Otak ini, anak dapat bermain sambil belajar dengan manfaat dapat
mengembangkan pola pikir anak dan tingkat emosi anak dapat terkontrol, sehingga orang tua tidak
kawatir lagi saat anaknya bermain game.
Kata Kunci : Aplikasi Game Asah Otak.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.55181/speed.v1i3.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SPEEDD - Sentra Penelitiian Engineering dan Edukasi - 1979-9330 (P) 2088-0154 (O) 2088-0162(C)

GIF - Global Impact Factor 2012 : 0.345, 2013 : 0.412, UIF - Universal Impact Factor - 2014 : 0.12769, SJIF – Scientific Journal Impact Factor 2012 : 4.074, Google Scholar h5 Index: 15, h5 Median: 31