SMP IT Kosgoro Kedawung Sragen Akhiri PSB 2016 Dengan Akhirussanah

| May 26, 2017 | 0 Comments

Akhirussanah SMP Kosgoro Sragen 03

Sragen – Tahun pelajaran 2016/2017 khususnya untuk kelas 9 SMP IT Kosgoro Kedawung Sragen telah usai, dengan adanya acara akhirussanah pada hari Rabu (24/5) bertempat di SMP IT Kosgoro Kedawung Sragen.
Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah dan masyarakat. Selaras dengan perkembangan tuntutan terhadap kualitas pelayanan dan hasil pendidikan. Lahirnya suatu kegiatan yang dijadikan sebagai program sekolah tidak terlepas dari peran seta masyarakat dan pemerintah dalam konteks peningkatan mutu sekolah yang dijabarkan dalam manajemen berbasis sekolah.
SMP Islam Terpadu Kosgoro Kedawung Sragen Pendidikan Karekter Berbasis Pondok Pesantren, Kepala Sekolah SMP IT Kosgoro Kedawung Sragen Dwi Iswadi menjelaskan saat ini bekerjasama dengan 2 Pondok Pesantren. Hal tersebut adalah upaya dan rencana pembentukan karakter pada siswa atau santrinya. Hal ini ditunjukkan tata tertib siswa atau santri terbentuk prinsip disiplin. Proses pendidikan di Pondok pesantern melalui tahapaan-tahapan pembelajaran dalam hal penguasaan baca tulis dan hafalan al-Qur’an, mengingat sekolah bebasis pondok pesantren banyak diminati masyarakat di sekitar. Juara olimpiade serta prestasi yang lain pernah di dapatkan sekolah ini, pertisipasi prestasi siswa di bentuk untuk dapat bersaing di sekolah lain.
Akhirussanah sekolah dengan takeline Berilmu Akhlakul Karimah tersebut, ditujukan juga untuk mempertanggungjawabkan segala bentuk penyelenggaraan sekolah kepada pemerintah, orang tua dan masyarakat, baik dari segi kegiatan/program, prestasi dan kinerja sekolah.
“Kita terus berkerjasama dengan orangtua anak didik untuk menerapkan kualitas pendidikan baik di sekolah maupun di rumah, menjadi generasi bangsa yang hebat, Hidup dimanapun tempat kita harus bertangung jawab dan berbuat sebaik-baiknya. Dwi Iswadi menuturkan banyak fasiltas yang disediakan di SMP IT dengan adanya beasiswa berprestasi dan beasiswa bagi yang tidak mampu juga yatim piatu” tutur Dwi Iswadi (24/5/2017).
Dalam acara akhirussanah ini diikuti siswa putra dan putri kelas 9 sekaligus juga mengundang orang tua siswa yang mendampingi pelaksanaan akhirussanah, dalam pelaksanaan akhirussanah ini turut mengundang muspida daerah setempat, lembaga pendidikan. Seluruh siswa sangat antusias dalam pelaksanaan akhirussanah tahun ini.
Sementara itu kepala Yayasan Al Hadi Utomo Drs. Suhadi, SH, S.Pd, MM, Dalam membuka akhirussanah menjelaskan untuk pendidikan terus bersemangat. Suhadi menargetkan di kecamatan Kedawung memiliki target di tahun 2025 tuntas pendidikan tingkat SLTA. Suhadi mewujudkan dengan medirikan sekolah lanjutan tingkat atas SMK Kosgoro Sragen. Siswa siswi harus berkarakter dan memiliki itikad yang baik, yang dapat meneruskan perjuangan-perjuangan para pahlawan pendahulu kita”.

Kegiatan akhirussanah dalam rangka perpisahan kelas 9 SMP IT Kosgoro Kedawung Sragen, sudah menjadi agenda rutin tahunan. Acara tersebut menjadi salah satu ajang untuk berkreasi. Di samping itu, acara perpisahan ini juga menjadi salah satu cara siswa melatih mental untuk tampil di muka umum sehingga diharapkan muncul karakter percaya diri terhadap kemampuan dirinya, kebanggaan, kerja sama, tanggung jawab, dan semangat persatuan dan kesatuan. Sebagai salah satu kegiatan yang ditunggu oleh seluruh warga sekolah, acara perpisahan ini harus dipersiapkan sebaik mungkin.
Acara yang berlangsung khitmat selamat sukses di ucapkan bagi siswa kelas 9 yang sudah lulus dan semoga bisa melanjutkan jenjang yang lebih tinggi dan sesuai dengan harapan dan cita-cita. Diharapkan dengan adanya acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX SMP IT Kosgoro dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar semua warga sekolah. Dukungan moral, materi dan partisipasi semua pihak guna menjadikan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi siswa saat ini dan masa yang akan datang.
Efektivitas peningkatan mutu dan prestasi sekolah tidak bisa dilepas dari peran serta masyarakat dan pemerintah. Reward dan koreksi dari masyarakat dan pemerintah sangat diharapkan guna memotivasi sekolah untuk meningkatkan mutu, pelayanan dan kinerja sekolah di masa yang akan datang. #Gilang

Category: Jurnal

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *