LKS Otomotif Nasional 2017 Diselenggarakan di Solo

| May 19, 2017 | 0 Comments

LKS Solo 2017 02

Solo, Suasana ramai terlihat di area Stadion kebanggaan masyarakat kota Surakarta, Manahan Solo yakni Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) XXV 2017 Tingkat Nasional.

LKS SMK yang diadakan setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk merespons masalah kualitas lulusan SMK. Keringat nampak menghiasi pada kulit sawo matang siswa oleh peserta LKS NASIONAL XXV dengan kategori mata lomba electrical instalation (wirring diagram) Zulfikar Fahmi Muttamam, siswa SMK N 5 Surakarta. Dirinya bersama ribuan siswa-siswi terbaik nasional lain tengah konsentrasi menyelesaikan tugas di tengah pandangan tajam para juri LKS 2017. Tim peliputpun enggan di izinkan juri untuk sekedar mewawancarai siswa peserta LKS, untuk sekedar bertanya perasaan hingga harapan dihari depan mereka.

Dalam LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2017 pertama Solo sebagai tuan rumah, ada 56 bidang lomba kejuruan yang akan dikompetisikan bagi para siswa tersebut. Selain Stadion Manahan Solo, Kota Surakarta sendiri mewakili tujuh SMK serta beberapa lokasi lain sebagai tempat uji kompetensi (TUK) untuk beberapa bidang lomba. Ketujuh SMK tersebut yaitu SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMK Warga serta SMK Mikael. Tak hanya Manahan beberapa lokasilainnya, yakni Hotel Swiss Bell, Hotel The Sunan, dan PT Putra Nugraha, juga di rujuk sebagai tempat uji kompetensi nasional kali ini.

Ridwan, ST / Kordinator Juri LKS SMK Tingkat Nasional XXV / Automobile Technology menjelaskan, “Kompetisi tersebut melibatkan juri sebanyak 201 orang yang berasal dari beberapa unsur di antaranya institusi pengembangan kepala sekolah dan guru, perguruan tinggi, praktisi, dan dunia usaha dunia industri.
Jawa Tengah seblndiri menampilkan 10 SMK yang dipilih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah” imbuhnya (17/5/2017).

LKS SMK tahun ini sekaligus untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan SMK, khususnya ke sekolah menengah pertama (SMP), dapat memberikan contoh prestasi dan angin segar di dunia pendidikan. LKS SMK juga merupakan salah satu cara untuk menunjukkan Indonesia memiliki pusat-pusat unggulan.

Seperti kita ketahui LKS dibuka di GOR Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Kartasura, Sukoharjo, Senin (15/5/2017). Acara dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhamad, Kompetisi yang dilangsungkan hingga Jumat (19/5/2017), diikuti 1.114 siswa terbaik SMK dari 34 provinsi di Indonesia.#Gilang

Category: Jurnal

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *