Pembuatan Video Profil SD Negeri Tegalrejo 03 Salatiga Berbasis Multimedia

Mariana Ajeng P .

Abstract


Abstrak : Perkembangan teknologi informasi saat ini telah berkembang pesat, dimana hampir semua bidang aplikasi perkantoran termasuk sekolah telah memakai sistem informasi, sehingga mampu memajukan dan mengembangkan sekolah dengan baik. Multimedia merupakan salah satu yang tepat untuk menyampaikan informasi dalam bentuk audio dan video. Multimedia juga mampu menghasilkan sesuatu yang biasa menjadi lebih menarik.

            Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga merupakan sekolah negeri yang berdiri pada tahun 1978 yang belum mempunyai video profil sebagai media informasi, promosi dan dokumentasi, dalam penyampaian informasi Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga masih bersifat konvensional yaitu masih menggunakan brosur dan papan pengumuman. Dengan penyebaran yang demikian dirasakan masih memiliki kekurangan, antara lain jangkauan penyebaran informasi yang kurang luas, muatan informasi yang terbatas, kurang efektif dan efisien.

            Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video profil Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga sebagai media informasi, promosi dan dokumentasi mengenai Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga serta memperkenalkan sekolah kepada masyarakat, agar masyarakat lebih mudah mengenal Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga.

            Penelitian ini menggunakan metode pendataan yang meliputi observasi, wawancara, kepustakaan, metode pendekatan : analisis, perancangan, pengambilan gambar dan capturing, pengeditan, implementasi, dan uji coba. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbentuknya Video Profil Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 03 Salatiga dalam bentuk VCD ( Video Compact Disk ).

Kata kunci:  Pembuatan Video Profil SD Negeri Tegalrejo 03 Salatiga

 


Full Text:

Untitled

References


Budi Santosa, Bambang Eka Purnama, Perancangan Studio Mini Berbasis Multimedia Universitas Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed 10 Vol 8 No 1 - Februari 2011, ISSN 1979 – 9330

Yunanto Happi Urbani, Bambang Eka Purnama, Produksi Film Indie Komersial “Aku Cinta Indonesia – Generation” Berbasis Multimedia, IJCSS) 14 - Indonesian Jurnal on Computer Science Speed - FTI UNSA Vol 9 No 3 – Desember 2012 - ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330

Sri Maryati, Bambang Eka Purnama, Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Multimedia, IJCSS) 15 - Indonesian Jurnal on Computer Science Speed - FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2013 - ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330

Amirudin, Ahmad. 2012 . Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Berbasis Multimedia.

Andi. 2004. Mudah Dan Cepat Mengolah Audio Menggunakan Cool Edit. Yogyakarta.

Andi. 2007. Membuat Sendiri Video Digital Untuk Pemula. Penerbit PT Elex Media Komputindo : Jakarta.

Anggoro, Yudho. 2012 .Pembuatan Video Profil Pada Bank Daerah PD. BPR Bank Karanganyar.

Fanani Dalam Arfian, Pengertian Skenario, 2011

Fatah Sofyan, Amir & Agus Purwanto. 2008. Digital Multimedia. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Jerry L Dalam Anita, Pengertian Storyboard, 2006

Kundhi. 2009. Cara Cepat Menguasai Video Shooting. Penerbit Leutika: Yogyakarta.

Purnama dalam Anita. Karakteristik Sistem Multimedia. 2002

Suyanto. 2003. Multimedia Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit Andi : Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.