Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan

Putri Intan Sari ., Bambang Eka Purnama .

Abstract


ABSTRACT: Games as something that is considered fun can be used to load the contents of education that can help in delivering positive values in building human intelligence as a whole. Because the game can train the brain's ability to actively, stimulating the brain in making decisions, has greater challenges. On SDN  Sooka I in the learning process is still konvensinal ie teachers teaching science AND IPS in presenting material to students with books and explain on the board. This causes the students to look bored and not focus on the material presented. In addition students were lazy to open and review the subjects at home. It is based on primary data obtained in the form of photo documentation, and results of the interview to the teachers teaching science AND social studies students. The purpose of this observation is helping students to want to go back to review teaching science and social studies at home so that when the subject matter is presented in school students already have a stock of prior knowledge of the results of learning at home by playing this educational game. The methodology used was the literature research, observation, interviews, analysis, design, and implementation. With Game Education Subjects science and social studies are to help students learn independently at home.

Keyword : Game Education, IPA, IPS

ABSTRAKSI: Game sebagai suatu hal yang di anggap menyenangkan dapat digunakan untuk memuat konten-konten edukasi yang dapat membantu dalam menyampaikan nilai-nilai positif dalam membangun kecerdasan manusia secara utuh. Karena game dapat melatih kemampuan otak secara aktif, merangsang otak dalam membuat keputusan, lebih mempunyai tantangan.

            Pada SDN Sooka I dalam proses pembelajarannya masih bersifat konvensinal yaitu guru mata pelajaran IPA DAN IPS dalam menyampaikan materi kepada para siswa dengan buku dan menerangkan di papan tulis. Hal ini menyebabkan para siswa menjadi terlihat bosan dan tidak fokus terhadap materi yang disampaikan. Selain itu siswa terlihat malas untuk membuka dan mengulas kembali mata pelajaran tersebut di rumah. Hal ini diperoleh berdasarkan dari data primer dalam bentuk dokumentasi foto, dan hasil dari interview kepada guru mata pelajaran IPA DAN IPS dan siswa. Tujuan dari penenlitian ini adalah membantu siswa agar mau kembali mengulas mata pelajaran IPA dan IPS di rumah sehingga pada saat materi pelajaran tersebut disampaikan di sekolah siswa sudah punya bekal pengetahuan terlebih dahulu dari hasil belajar di rumah dengan bermain game edukasi ini. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, wawancara, analisis, perancangan, dan implementasi. Dengan Game Edukasi Mata Pelajaran IPA dan IPS  ini dapat membantu siswa belajar mandiri di rumah.

Kata Kunci : Game Edukasi, IPA, IPS


Full Text:

Untitled

References


Famukhit Muga Linggar, Sukadi. Membangun Aplikasi Virtual 3d MuseumPrasejarah Buwono Keling Pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pacitan .2012, ISSN: 2302-1136 (Print) – 2088 0154 (Online)

Rasim, Wawan Setiawan, Eko Fitrijaya Rahman. Metodologi Pembelajaran Berbasis Komputer dalam upaya Menciptakan kultur Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dn Komunikasi. 2008 ISSN 1979-9264

Mulyanta, Leong Marlon. Media Pembelajaran.Yogyakarta:Universitas Atmajaya.2009

Sudartha I Gede. Pemrogembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII untuk optimaliasi hasil belajar(Skripsi) Bali: Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha 2010.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Khudori Muh, Ashadi, Masyskuri.M. Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan

Metode TGT Menggunakan Media Games Ular Tangga Dan Puzzle Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kreatifitas Siswa Pada SMP Negeri 7 Purworejo.2012 ISSN:2252-7893, Vol 1, No 2, 2012 (Hal 154-162)

Lasmiyatun, Saptaningrum Ernawati. Macromedia Flash Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Ampel. 2012. ISSN 2086-2407 Vol. 3 No. 1 April 2012

Widiastuti Indriyani Nelly, Setiawan Irwan. Membangun Game Edukasi Sejarah Wali Songo . Volume. I Nomor. 2, Bulan Oktober 2012 - ISSN :2089-9033

Wahyu Wibisono, Lies Yulianto, Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 13 Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330

Dedy Sugiarto, Cicilia Puji Rahayu, Pembuatan Program Permainan Petualangan Tom Menggunakan Visual Basic 6.0, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 13 Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330


Refbacks

  • There are currently no refbacks.