Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Online Dengan Metode Rapid Application Development (RAD)

Anik Andriani, Esti Qurniati - AMIK BSI Yogyakarta

Abstract


ABSTRACT - Innovation in sales business is needed to fulfill consumer need for ease, speed, and comfort in transaction. Sales businesses that do not innovate in the marketing system, promotion, or in sales will gradually lose in business competition. This is because conventional marketing, promotional and sales systems are limited by time and place. The purpose of this research is to build a sales information system on online stores. In the development of information systems are needed supporting data collected by data collection techniques such as observation, interviews, and literature study. While the stages in the development of this information system applying the stages on the RAD software development method. This method is very appropriate to use for short information system development project. Sales information system is built with HTML and PHP programming language and is supported by the MySQL database application. At the stage of planning requirements obtained analysis of functional and nonfunctional needs of the system to be built. While at the workshop stage RAD design obtained database design and design of information systems sales interface. In the final stages of testing by the method of Black Box Testing which shows the results that the information system built already has a good system functionality in accordance with the described in the analysis needs.

Keywords: Information system, online store, RAD, Black Box Testing

 

ABSTRAK - Inovasi dalam bisnis penjualan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan dalam bertransaksi. Bisnis penjualan yang tidak melakukan inovasi dalam sistem pemasaran, promosi, maupun dalam penjualannya lambat laun akan kalah dalam persaingan bisnis. Hal ini dikarenakan sistem pemasaran, promosi, dan penjualan konvensional masih terbatas oleh tempat dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi penjualan pada toko online. Pada pembangunan sistem informasi tersebut dibutuhkan data-data pendukung yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan tahapan-tahapan dalam pembangunan sistem informasi ini menerapkan tahapan-tahapan pada metode pengembangan software RAD. Metode ini sangat tepat digunakan untuk proyek pembangunan sistem informasi yang singkat. Sistem informasi penjualan ini dibangun dengan bahasa pemrograman HTML dan PHP serta didukung oleh aplikasi basis data MySQL. Pada tahap perencanaan syarat diperoleh analisa kebutuhan fungsional dan nonfungsional dari sistem yang akan dibangun. Sedangkan pada tahap workshop desain RAD diperoleh rancangan basis data dan rancangan antarmuka sistem informasi penjualan. Pada tahap akhir dilakukan pengujian dengan metode Black Box Testing yang menunjukkan hasil bahwa sistem informasi yang dibangun sudah memiliki fungsionalitas sistem yang baik sesuai dengan yang diuraikan pada analisa kebutuhan.

Kata kunci: Sistem informasi, toko online, RAD, Black Box Testing


Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2016). Manajemen Basis Data. Yogyakarta: deePublish.

Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Bajdor, P., & Grabara, I. (2014). The Role of Information System Flows in Fulfilling Customers Individual Orders. Infinity, VII(2), 96-106.

Daud, N., Bakar, A., & Rusli, H. (2010). Implementing Rapid Application Development (RAD) Methodology in Developing Practical Training Application System. International Symposium on Information Technology (pp. 1664-1667). Kuala Lumpur: IEEE.

Diaz, D. C., Sulistiowati, & Lemantara, J. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online pada CV. Mitra Techno Sains. JSIKA, V(12), 1-7.

Febrianto, D. A., Budiwati, S. D., & Tambunan, T. D. (2017). Aplikasi Penjualan Produk Kecantikan dan Konsultasi Berbasis Web di Klinik Vania Skincare. Applied Science, III, pp. 1583-1592.

Kosasi, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web untuk Memperluas Pangsa Pasar. SNATIF (pp. 225-232). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Kosasi, S., & Yuliani, I. D. (2015). Penerapan Rapid Application Development pada Sistem Penjualan Sepeda Online. SIMETRIS, 27-36.

Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (S-IT) untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma, XIII(1), 437-442.

Kustiyahningsih, Y., & Anamisa , D. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mania, S. (2008). Observasi sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 220-233.

Maryati, K., & Suryawati, J. (2006). Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII Jilid 3. Jakarta: ESIS.

Muharom, A., Cahyana, R., & Bunyamin, H. (2013). Pengembangan Aplikasi Sunda Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal Algoritma , 1-11.

Riyadi, A. S., Retnandi, E., & Deddy, A. (2012). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. Jurnal Algoritma, IX(40), 1-11.

Setyaningrum, N., Djoko, H., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Penjualan dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1-10.

Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Pacitan. EPUB-Sistem Informasi, I(1).

Widiastuti, H., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2018). Teknik Wawancara dalam Menggali Informasi pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7. Jurnal ACTA, 1-7.

Wijayanto, R. (2014, Maret 1). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas 2 pada MI Nurul Falah Cister. Evolusi, II(1).

Yufita, R., & Andriani, A. (2016). Sistem Informasi dan Promosi Berbasis Web pada Family Mebel Magelang. IJNS, V(1), 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.