Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Autisme Pada Anak Berbasis Android

Suleman - AMIK BSI Tegal, Pudji Widodo - AMIK BSI Yogyakarta, Akhmad Muzaky - AMIK BSI Purwokerto

Abstract


ABSTRACT - Autism is a disorder of child development that is sometimes misperception by some of our society. Autism is usually marked or detected through developmental abnormalities of the nervous system. The main characteristics are difficulty in social relationships, difficult to communicate normally, not understanding emotions and feelings of others well. With the current technological developments, expert system applications can be created that can help diagnose distractions. The process for managing the existing data in this study is using the Naive Bayes method. Data obtained in the form of symptoms of diagnosis of autism based on DSM IV and DSM V TR. This method will multiply the value obtained from the expert as well as the value of the user. This study resulted in an expert system application to diagnose autism in an android-based child. The test used in this research is validation testing and accuracy testing. The result of data validation testing shows that the system functionality is running well.

Keywords: expert system, Autism, Naive Bayes, Android

 

ABSTRAK - Autisme merupakan gangguan perkembangan anak yang kadang salah dipersepsikan oleh sebagian masyarakat kita. Penyakit autisme biasanya ditandai atau dideteksi melalui kelainan perkembangan sistem saraf. Karakteristik utama adalah kesulitan dalam menjalin hubungan sosial, sulit berkomunikasi  secara normal, tidak memahami emosi dan perasaan orang lain dengan baik. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, dapat dibuat aplikasi sistem pakar yang dapat membantu mendiagnosa gangguan. Proses untuk mengelola data yang ada dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Naive Bayes. Data yang didapat berupa gejala diagnosa autisme berdasarkan DSM IV dan DSM V TR. Metode ini akan mengalikan nilai yang didapat dari pakar dan juga nilai dari pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa autisme pada anak berbasis android. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian validasi dan pengujian akurasi. Hasil pengujian validasi data yang menunjukan bahwa fungsionalitas sistem berjalan dengan baik.

Kata kunci :  Sistem pakar, Autisme, Naive Bayes, Android


Full Text:

PDF

References


https://www.jevuska.com/2012/12/29/aut isme-pengertian-penyebab-gejala-ciri-terapi-di.html

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Dermawan, Deni. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Rosda Karya Offset.

https://www.webkesehatan.com//mengen

al-add-atau-adhd/

Hayadi, B. Herawan. 2016. Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish. Diambil dari: https://books.google.co.id/books?id=qHu7CwAAQBAJ&printsec. (29 April 2016).

Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish. Diambil dari: https://books.google.co.id/books?id=o8LjCAAAQBAJ&pg. (29 April 2016).

Junaidi EP, Fajar. 2007. Algoritma dan Pemrograman. Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.

Kadir, Abdul. 2012. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Diambil dari : https://books.google.co.id/books?id=eVLpMIoxq8IC&pg. (29 April 2016).

Mesakh Elyan Kowi,2016,dasar dasar pemrograman pascal, guepedia

Nofriadi, 2012, Java Fundamental dengan NetBeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.