Analisis Peran Aktor Internal Dan Eksternal Wirausaha Dalam Pembentukan Desa Wisata Desa Sendangmulyo, Minggir, Sleman

Bambang Eka Purnama - STMIK Nusa Mandiri Jakarta, Heni Widyaningsih - AKPAR BSI Yogyakarta

Abstract


Abstraksi - Desa Sendangmulyo merupakan desa yang kaya akan potensi. Sebagian besar warga desa Sendangmulyo ini mempunyai mata pencaharian sebagai wirausaha. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peran aktor internal dan eksternal wirausaha dalam pembentukan Desa Wisata di desa Sendangmulyo. Manfaat praktis dari penelitian ini dapat digunakan sebagai strategi wirausaha dalam meningkatkan peluang wirausahanya melalui desa wisata di desa Sendangmulyo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Ada empat tahapan dalam pelaksanaan penelitian, yaitu: tahapan pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap  analisis, tahap evaluasi dan pelaporan. Perubahan yang akan diukur dalam penelitian ini adalah peran aktor internal dan eksternal wirausaha dalam pembentukan desa wisata dengan meminimalkan kelemahan dan ancaman serta menjadikan peluang dan kekuatan untuk membentuk desa wisata. Permasalahan dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif, analisis IFAS dan EFAS  serta analisis SWOT untuk merancang strategi pengembangannya. Penarikan kesimpulan dilakukan melalui analisis internal untuk mendapatkan faktor kekuatan yang akan digunakan dan faktor kelemahan yang akan diantisipasi. Analisis eksternal dilakukan untuk mengembangkan faktor peluang yang kiranya dapat dimanfaatkan dan faktor ancaman yang perlu dihindari. Kontribusi dari penelitian ini adalah pengembangan Wirausaha desa Sendangmulyo sebagai penghasil  produk industry  pariwisata. Hasil dari penelitian ini adalah Desa Sendangmulyo memiliki banyak potensi untuk dijadikan sebagai desa wisata.

Kata Kunci : aktor internal dan eksternal, wirausaha dan desa wisata


Full Text:

PDF

References


Bygrave, William. 2008. Enterpreneurship. Jakarta: Binarupa.

Harris, Michael. 2000. Human Resource Management, Apractical Aproach. Second Edition.The Dryden Press.

Machfoedz, Mas ‘ud dan Machmud Machfoedz. 2004. Kewirausahaan suatu pendekatan kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Moleong Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :Remaja Rosda Karya.

Moleong Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :Remaja Rosda Karya

Pria Sukmana, Sutarso & R. Muhammad Mulyadin. 2001. Pembangunan Desa Wisata : Pelaksanaan Ekonomi Daerah. Jurnal Info Sosial Ekonomi.Vol 2 No 1.

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 2003. Pembinaan Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wirasasmita, Yuyun. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Zimmerer, Thomas W, et all.2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Salemba Empat.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/7925/program-satu-juta-nama-domain/0/layanan_kominfo diakses pada tanggal 26 Agustus 2017, pukul 21:08

Nabiela Rizki Alifa dengan judul Analisis Peranan Aktor Internal dan Eksternal dalam Bauran Promosi Desa Wisata 2014.

Zuli Purnamawati yang berjudul “Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha”. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan faktor yang paling dominan adalah faktor internal dan variabel faktor internal dan variabel faktor eksternal memiliki pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel minat mahasiswa berwirausaha.

Muga Linggar Famukhit, Lies Yulianto, Maryono, Bambang Eka Purnama (2013), Interactive Application Development Policy Object 3D Virtual Tour History Pacitan District based Multimedia, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 4, No.3, 2013

Karya Gunawan, Bambang Eka Purnama (2015), Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West Nusa Tenggara by using Smartphone, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 6, No. 8, 2015

Muhammad Multazam, Bambang Eka Purnama, Influence Of Classified Ad On Google Page Rank And Number Of Visitors, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol.81. No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.