Implementasi ANP dan TOPSIS dalam Menentukan Prioritas Media Promosi

Sumiyatun - STMIK AKAKOM Yogyakarta

Abstract


Abstract- Promotion is one way in the which the college in attracting students. In order for promotional activities effectively and efficiently will require appropriate media promotion. The purpose of this study is to develop a decision support system application that can help the public relations department and admissions in STMIK AKAKOM in determining the priority of a media promotion. Decision support systems are constructed using two methods: ANP (Analytical Network Process) and TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). To determine the weighting of criteria by taking into account the effect of interdependence among the criteria using the ANP, while to rank the alternative media campaign using TOPSIS. Obtained results from this research is a system used to determine the priority of a media promotion based on criteria that have been established and can be used as a material consideration in the promotion of collage.

Key words : ANP, media promotion, college, TOPSIS.

 

Abstrak-Promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi dalam menjaring mahasiswa. Agar kegiatan promosi berjalan dengan efektif dan efisien maka diperlukan media promosi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu bagian humas dan admisi di STMIK AKAKOM dalam menentukan prioritas media promosi. Sistem pendukung keputusan yang dibangun menggunakan dua metode yaitu ANP (Analytical Network Process) dan TOPSIS (Technique  for  Order  Preference  by  Similarity  to  Ideal  Solution). Untuk menentukan bobot kriteria dengan memperhatikan pengaruh interdependence antar kriteria menggunakan metode ANP, sedangkan untuk menentukan peringkat alternatif media promosi menggunakan TOPSIS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah suatu sistem yang digunakan untuk menentukan prioritas media promosi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan promosi perguruan tinggi.

Kata kunci : ANP, media promosi, perguruan tinggi, TOPSIS.


Full Text:

PDF

References


Arvianto A., Sari D.P., dan Olivia G., 2014, Pemilihan Strategi Pemasaran pada PT. Nyonya Meneer dengan Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Network Process (ANP) dan Technique for order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS), J@TI Undip, No 1 Januari 2014, Vol IX hal 35 - 44.

Azhar H.A., 2012, Strategi Marketing Perguruan Tinggi, kerajaanberbagi.blogspot.co.id/2012/05/strategi-bauran-promosi-media-iklan.html, diakses tanggal 27 Oktober 2015

Azmi M., 2013, Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Usaha Waralaba Makanan Menggunakan Metode TOPSIS, Jurnal Elektron, No 2, Vol 5, hal 61 - 68.

Gitosudarmo I., 2004, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta.

Iriani Y., dan Herawan T., 2012, Sistem pembuatan keputusan penetapan Calon sertifikasi dosen menggunakan Analytical network process (anp), Simposium Nasional RAPI XI FT UMS, hal 85 - 90

Khademolqorani S., and Hamdani A.Z., 2015, Using a multi-criteria decision making approach (ANP-TOPSIS) to evaluate suppliers in Iran’s auto industry, International Journal of Applied Operational Research, No. 2, Vol. 2, pp. 37-48.

Kumenap, D., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pegawai untuk Promosi Jaatan Struktural menggunakan metode ANP dan TOPSIS (Studi Kasus : PT PLN(Persero) distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta), Thesis, Program Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kurniawati D., 2013, Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Widya Warta, No. 0, hal 65-80.

Santoso L.W., Setiawan A., dan Stanley J.R, 2009, Pembuatan Aplikasi Sistem Seleksi Calon Pegawai dengan Metode Analytic Network Process (ANP) di PT X, Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung.

Novaliendry, D., 2009, Aplikasi Sistem Pendukung keputusan Penentuan Media promosi menggunkan Metode Promethee (Studi Kasus pada STMIK Indonesia, KURSOR, No. 2, Vol. 5, hal 104 – 111

Sahebi ,S., Radmehr, A., Zarchi, and Sahebi, Z., 2014. Ranking the methods of Technology cross-border acquisition, combining TOPSIS and ANP approaches for model development (case study of car part industry in Iran), International Symposium of the Analytic HierarchyProcess, Wahington, D.C, Hal. 1 – 5

Shahroudi K., and Rouydel H., 2012, Development of a Decision Support System for Handling Health Insurance Deduction, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 6, No. 2, 2015, Hal. 37 – 48

Shyur, H.J., 2006, COTS evaluation using modified TOPSIS and ANP, Applied Mathematics and Computation. No.177, Hal. 251 – 259

Sukkarn ,S., and Thawesaengskulthai, 2014. Development of decision support system for selecting Quality management systems and management tools, Proceeding 7th International Seminar on Industrial Engineering and Management, Chulalongkorn-University, Thailand, Hal.13 – 19.

Turban, E., Aronson, J. E., dan Liang, T.P., 2005, Decision Support Sistems and Intelligent Sistems, Edisi Bahasa Indonesia jilid 1, diterjemahkan oleh: Dwi Prabantini, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Widiyoko S., 2012, Strategi Marketing Perguruan Tinggi, http://www.kompasiana.com/setiawan_wd/strategi-marketing-perguruan-tinggi_550e68b2a33311a32dba8275, diakses tanggal 27 Oktober 2015

Wu, Cheng-Shiung., Lin, Chin-Tsai., and Lee, Chuan., 2010, Optimal marketing strategy: A decision-making with ANP and TOPSIS, Int. J. Production Economics. No.127, Hal. 190 – 196

Yunarti, S., 2011, Sistem Pendukung penentuan prioritas media promosi menggunakan FMADM dengan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : STMIK Profesional Makasar), Thesis, Program Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.