Pembangunan Media Pembelajaran Jelajah Antariksa Kelas IX Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pati Berbasis Multimedia Interaktif
Abstract
technology in general. A variety of educational tools and modern educational facilities which
contribute to the optimization of the learning process, both in everyday environments and at
school. Development of technology, especially information and communications technology
offers many range of easiness in learning. In the process of learning, development of materials
or teaching materials can be through various means, one of which is the development of
teaching materials with a medium of learning.
Currently teaching at the Junior High School 8 Pati limited educational facilities
especially on the subjects of Physics. Obviously with such limitations, sometimes still cause
problems. Most of the problems that arise in terms of understanding the material presented and
the limitations of practical tools Physics subjects. Thus, thus to assist the delivery of messages
Space Exploration material is necessary to a medium of learning physics, and is expected to
address existing problems. Of this research is expected to provide facilities in the
implementation of teaching and learning activities in subjects of Physics.
Keyword : Fisika
Abstrak – Perkembangan teknologi pendidikan tidak dapat dilepaskan dengan perkembangan teknologi
pada umumnya. Berbagai perangkat pendidikan dan sarana pendidikan yang modern turut mendukung
optimalisasi proses pembelajaran, baik di lingkungan sehari-hari maupun di sekolah. Perkembangan
teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi banyak menawarkan berbagai kemudahankemudahan
dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, pengembangan materi atau bahan ajar
dapat melalui berbagai cara, salah satunya adalah pengembangan bahan ajar dengan media
pembelajaran.
Saat ini pembelajaran di SMP Negeri 8 Pati masih terbatas sarana dan prasarana
pendidikan khusunya pada mata pelajaran Fisika. Tentunya dengan keterbatasan tersebut,
terkadang masih menimbulkan berbagai permasalahan. Sebagian besar permasalahan yang
timbul yaitu dalam hal pemahaman materi yang disampaikan dan keterbatasan alat-alat praktik
mata pelajaran Fisika. Maka, dengan demikian untuk membantu penyampaian pesan materi
Jelajah Antariksa ini diperlukan adanya media pembelajaran Fisika, dan diharapkan dapat
mengatasi permasalahan yang ada. Dari penelitian ini diharapkan agar memberikan kemudahan
dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran Fisika.
Kata kunci/Key word : Media pembelajaran, Fisika
Full Text:
UntitledReferences
Arikunto, Suharsimi, Prof, Dr, Prosedur
Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.
Ahmad Nurhani, Media Pembelajaran
Animasi Tiga dimensi Berbasis
Multimedia, Speed, Agustus 2011.
Bahan ajar Diklat E-Training PPPPTK TK
dan PLB Pengenalan Media
Pembelajaran
Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 5 No 3 - 2013 - ijns.org
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) 62
Cepi Riyana, M.Pd dan Drs. Rudi
Susilana, Media Pembelajaran, CV
Wacana Prima, Bandung, 2007.
Dadang Supriatna, M.Ed, Pengenalan
Media Pembelajaran, Pusat
Pengembangan Dan Pemberdayaan
Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Taman Kanak Kanak Dan Pendidikan
Luar Biasa, 2009.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus
Besar Bahasa Indonesia, edisi ke 3 Balai
Pustaka, 2002.
Harris, Nicholas, Atlas Ruang Angkasa,
Erlangga, Jakarta, 2007.
Hendratman, Hendi, THE Magic of
Macromedia Director, Informatika,
Bandung, 2005.
Neni Yuniati, Pembuatan Media
Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan
Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1
Sragen, Speed, Februari 2012.
Prasodjo, Budi, dkk, Teori dan Aplikasi
Fisika SMP Kelas IX, Yudhistira, Bogor,
Saryono, SKp. M.Kes, Metodologi
Penelitian Kesehatan, Mitra Cendikia
Press, Jogjakarta, 2011.
Sugiyono, Prof. Dr, Statistika untuk
Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung, 2011.
Thomas Wibowo Agung Sutjiono,
Pendayagunaan Media Pembelajaran,
Jurnal Pendidikan Penabur - No.04 /
Th.IV / Juli 2005.
Yulanita Cahya Chrystanti, Pembuatan
Media Pembelajaran Pengenalan Huruf
dan Angka Taman Kanak-kanak Tunas
Putra Sumberharjo, eSpeed Web 13 –
Volume 2 Nomor 2 – 2012.
Williams, Brian, Fakta Paling Top Alam
Semesta, Erlangga, Jakarta, 2005.
Ayu Fiska Nurryna, Pengembangan
Media Pendidikan Untuk Inovasi
Pembelajaran, Indonesian Jurnal on
Computer Scoence - Speed (IJCSS) 4
Volume 2 Nomor 1 Desember 2007, ISSN
– 9330
Retno, Margono, Bambang Eka
Purnama, Study Of Interaktif Recognition
Letter and Number For Children With
Computer Multimedia, Indonesian Jurnal
on Computer Scoence - Speed (IJCSS) 4
Volume 3 Nomor 1 Agustus 2008, ISSN
– 9330
Suyatno, Bambang Eka Purnama,
Pembuatan Media Pembelajaran
Coreldraw X4, Indonesian Jurnal on
Computer Scoence - Speed (IJCSS) 11
Vol 8 No 2 – Agustus 2012, ISSN 1979 –
Ernawati, Bambang Eka Purnama,
Media Pembelajaran Shalat Bagi Anak
Berbasis Multimedia, Indonesian Jurnal
on Computer Scoence - Speed (IJCSS)
Vol 9 No 1 - Februari 2012, ISSN 1979
– 9330
Wawan Saputra, Bambang Eka
Purnama, Endang Puji Rahayu,
Pengembangan Multimedia Pembelajaran
Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi
Komputer, Indonesian Jurnal on
Computer Scoence - Speed (IJCSS) 12
Vol 9 No 1 - Februari 2012, ISSN 1979 –
Neni Yuniati, Bambang Eka Purnama,
Gesang Kristianto Nugroho, Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif Ilmu
Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar
Negeri Kroyo 1 Sragen, Jurnal on
Computer Scoence - Speed (IJCSS) 12
Vol 9 No 1 - Februari 2012, ISSN 1979 –
Mochamad Miswar Hadibin, Bambang
Eka Purnama, Pembangunan Media
Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan
Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah
Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati
Berbasis Multimedia Interaktif, IJCSS) 15
- Indonesian Jurnal on Computer Science
Speed - FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari
- ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 –
Denny Riska Novitasari, Pembangunan
Media Pembelajaran Bahasa Inggris
Untuk Siswa Kelas 1 Pada Sekolah Dasar
Negeri 15 Sragen, Jurnal on Computer
Scoence - Speed (IJCSS) 12 Vol 9 No 1 -
Februari 2012, ISSN 1979 – 9330
Buyung Aji Wijayanto, Estiarto Wahyu
Sumirat, Pembuatan Media
Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah
Tingkat Pertama, Jurnal on Computer
Scoence - Speed (IJCSS) 12 Vol 9 No 1 -
Februari 2012, ISSN 1979 – 9330
Refbacks
- There are currently no refbacks.