Pengaruh Penggunaan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumberlawang Sragen
Abstract
Semester 2011/2012 lessons still use methods/konvensional lecture and start 2-year semester
2011/2012 lessons using computer media namely with the utilization of software applications Microsoft
Power Point Presentation, the Digital Map with Macromedia Flash, Google Earth and the Internet but
till now not yet known to what extent its effect on improving learning achievements of sociaL science
learners class VII in Junior High School 2 Sumberlawang, Sragen. Problem formulation of this
research is the extent to which the effects of the use of computer media for accomplishment of
learning Science subjects Geography learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. This
research was carried out in junior high N 2 Sumberlawang. The population of this research is the
learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, sampling with proportional random sampling techniques,
data collection Instruments used are questionnaire and learning achievements obtained by the method
of documentation on the value of the lesson 2 years semester ratings 2011/2012. The analysis of the
data used by a simple linear regression analysis. The purpose of this research is to obtain proof of the
extent of influence of computer media use of the achievements of the study of Social Science students
of class VII Junior High School 2 Sumberlawang. The benefits of research are as input material for the
school in making policies about the continuity of the process of teaching and learning in particular for
Social Science in relation to the use of computer media. The research method used was the library,
observation, interviews, analysis of statistical calculation.
After the data is collected and processed with SPSS statistics 18 obtained a value of F a
countdown 8.001. Then Fhitung compared to the F tables, with a 5% significant level then retrieved F table
of 4.10. So F a countdown > F tablea
Keywords: Learning Media, Learning Achievements
Abstrak – Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VII SMP N 2
Sumberlawang Sragen Semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 masih menggunakan metode
ceramah/konvensional dan mulai semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan media
komputer yaitu dengan pemanfaatan aplikasi software presentasi Microsoft Power Point, Peta Digital
dengan Macromedia Flash, Google Earth dan Internet tapi sampai saat ini belum diketahui sejauh
mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
peserta didik kelas VII di sekolah SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. Rumusan masalah dari penelitian
ini adalah sejauh mana pengaruh penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Sumberlawang. Populasi dari Penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Pengambilan sampel dengan teknik proportional random
sampling, Instrumen pengumpulan data pengggunaan media komputer yang digunakan adalah
kuesioner dan prestasi belajar diperoleh dengan metode dokumentasi pada nilai rapor semester 2
tahun pelajaran 2011/2012. Analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linier sederhana.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pembuktian sejauh mana pengaruh
penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang. Manfaat dari penelitian adalah sebagai bahan
masukan bagi pihak sekolah dalam membuat kebijakan tentang kesinambungan proses belajar
mengajar khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam kaitannya dengan
penggunaan media komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi,
wawancara, analisis perhitungan statistik. Setelah data terkumpul dan diolah statistik dengan SPSS
18 diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.001. Kemudian Fhitung dibandingkan dengan Ftabel, dengan taraf
signifikan 5% maka diperoleh Ftabel sebesar 4.10. Sehingga Fhitung > Ftabel.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komputer
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2
Sumberlawang, Sragen.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prestasi Belajar
Full Text:
UntitledReferences
Ating Somantri dan Ali Muhidin (2011),
Aplikasi Statistika dalam penellitian,
Bandung: CV Pustaka Setia.
Crissendy Felicia, (2012) Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran
Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil
Belajar Siswa, Universitas Pendidikan
Surakarta.
Chosin Widodo dan Jasmadi (2008),
Paduan Menyusun Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT Elex
Media Komputindo.
Musfiqon, (2012), Pengembangan
Media dan Sumber Pembelajaran.
Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Nanik Tri Widayanti. Pengaruh
Penggunaan Media Komputer
Terhadap Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Geografi-Sosiologi Peserta Didik Kelas
IX Sekolah Menengah Pertama Negeri
Polokarto Sukoharjo. Jurnal.
Universitas Surakarta. 2012
Nur Sahid Kurniawan. Pengaruh
Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi
Belajar Komputer siswa Kelas X pada
SMA negeri Mojogedang Kabupaten
Karanganyar, Jurnal. Universitas
Surakarta. 2010.
Sugiyono, (2012). Statistika untuk
Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Suharsini Arikunto. (1998). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan.
(2012) Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.
Universitas Pendidikan Indonesia.
Bekti Ratna Timur Astuti, Dampak
Komputer Dan Internet Pada
Perkembangan Anak, Indonesian
Jurnal on Computer Scoence - Speed 4
Volume 2 Nomor 2 Desember 2007,
ISSN 1979 – 9330
FA. Luky Primantari, Pemanfaatan
Teknologi Komputer Untuk Menentukan
Keakurasian Perancangan Struktur,
Indonesian Jurnal on Computer
Scoence - Speed 5 Volume 3 Nomor 1
Agustus 2008, ISSN 1979 – 9330
Darsono, Upaya Peningkatan Sikap
Net-Preneur Dan Prestasi Belajar
Siswa Pada Mata Diklat E-Commerce
Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Project Work, Jurnal
Speed 13 FTI UNSA Vol 9 No 2 –
Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330
Sumardiyono, Pengaruh Kursi
Ergonomis Terhadap Gangguan
Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 5 No 4 - 2013 - ijns.org
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) 17
Muskuloskleletal, Indonesian Jurnal on
Computer Scoence - Jurnal Speed 13
FTI UNSA Vol 9 No 2 – Agustus 2012,
ISSN 1979 – 9330
Nanik Tri Widayanti, Ramadhian
Agus Triyono, Pengaruh Penggunaan
Media Komputer Terhadap Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Geografi –
Sosiologi Peserta Didik Kelas Ix
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Polokarto Sukoharjo, Indonesian Jurnal
on Computer Scoence - Jurnal Speed
FTI UNSA Vol 9 No 2 – Agustus
, ISSN 1979 – 9330
Refbacks
- There are currently no refbacks.