Pembuatan Animasi 3 Dimensi Wisata Banyu Anget Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan
Abstract
tourism obyek of Pacitan is bath of warm water, or in Javanese mean warm water. This swimming pool
(it) is true come from source of hot water of Tirto Husodo in this located Pacitan.Pemandian
[about/around] 15 km northside downtown and relative is easy to reached. Wide public road relative
and flatten so that car even also will easily passing him/ it. There are 4 pool [in] bath, place pool of[is
source of hot water, 2 adult swimming pool, and children swimming pool. There [is] prohibition order to
enter and or touch water [in] especial pool because its temperature enough heat. this Hot water
channelled to in 3 other pool and mixed with cool water to its temperature as according to human
being body temperature.
and will not be kissed by brimstone aroma is at all. Intention of making of this animation is to
introduce anget banyu wisata to wiatawan masyarakat.dan, Creating information media able to give
knowledge about anget banyu wisata exist in sub-province of Pacitan. Benefit of this research is
society will be more recognize Tirto husodo anget banyu wisata obyek. As Promotion media of objeck
and as information media for the mempromosika of wisata exist in its Pacitan it[him] warm water.
Method which is diggunakan in making of Animation 3Dimensi Object of Wisata anget banyu
[in] On Duty Tourism Sub-Province, Pacitan Writer use book method, interview and observation.
Scheme use 3Ds Max 2010, and Adobe Photoshop cs3. Expected from this research [is] information
media creation able to give knowledge about Sub-Province warm water of Pacitan.
Key word: Making, 3 Dimension, warm water
ABSTRAKSI Kabupaten Pacitan memiliki berbagai macam obyek pariwisata. Salah satu obyek
pariwisata kabupaten Pacitan adalah Pemandian Air Hangat, atau dalam bahasa Jawa berarti banyu
Anget. Kolam renang ini memang berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan.Pemandian
ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota dan relatif mudah dijangkau. Jalanan relatif lebar
dan rata sehingga mobil pun akan dengan mudah melewatinya. Terdapat 4 buah kolam di pemandian,
kolam tempat sumber air panas, 2 kolam renang dewasa, dan kolam renang anak-anak. Ada larangan
untuk masuk ataupun menyentuh air di kolam utama karena suhunya cukup panas. Air panas ini
disalurkan ke dalam 3 kolam lainnya dan dicampur dengan air dingin agar suhunya sesuai dengan
suhu tubuh manusia. dan tidak akan tercium bau belerang sama sekali.
Tujuan dari pembuatan animasi ini adalah untuk memperkenalkan wisata banyu anget
kepada masyarakat.dan wiatawan, Menciptakan media informasi yang dapat memberikan
pengetahuan tentang wisata banyu anget yang ada di kabupaten Pacitan Manfaat dari
penelitian ini adalah masyarakat akan lebih mengenal obyek wisata banyu anget Tirto husodo.
Sebagai media Promosi obyek wisata dan sebagai media informasi untuk mempromosikan wisata
yang ada di Pacitan kususnya banyu anget. Metode yang diggunakan dalam pembuatan
Animasi 3Dimensi Objek Wisata banyu anget di Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan penulis
menggunakan metode pustaka, observasi dan wawancara. Perancangan menggunakan 3Ds Max
2010, dan Adobe Photoshop cs3. Diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya media
informasi yang dapat memberikan pengetahuan tentang wisata banyu anget Kabupaten Pacitan.
Kata kunci: Pembuatan, 3 Dimensi, Banyu anget.
Full Text:
UntitledReferences
Ariyus, Doni, Keamanan Multimedia,
Penerbit Andi, 2009.
Dr. Erhans A., CorelDraw X4, PT
Ercontra Rajawali, Cirebon 2005
Hendratman, Hendi, The Magic Of
Adube Photoshop, Informatika.
Bandung 2010.
Hendratman, Hendi, The Magic Of 3D
Studio Max, Informatika. Bandung
Madcoms, Students Book Series
Adobe Photoshop CS4, Yogyakarta
Dwi nurcahyo, adop photosop dan
corel photo paint X3, jl.mleber
Jakarta.
Rozak, Ilustrator dan
Photosahop,no.33 B5-B6
Wahana Computer, adop in design
C55, Jl.MT. Haryono 637 Semarang
Widyo Hermawan, Autodesk 3D smax
, Jl.Letjend haryono 63 Madiun
Joni Andriana, Bambang Eka
Purnama, Pembuatan Animasi Film
Kartun Dengan Komputer Multimedia,
Indonesian Jurnal on Computer
Science - Speed (IJCSS) 9 Volume 7
No 2 – Agustus 2010, ISSN 1979 –
,
Arif Sutikno, Estiarto Wahyu
Sumirat, Haryani, Sistem Informasi
Pengarsipan Berbasis Animasi 3D Di
Lembaga Pendidikan Komputer
Pratama Mulia Surakarta, Indonesian
Jurnal on Computer Science - Speed
(IJCSS) 9 Volume 7 No 2 – Agustus
, ISSN 1979 – 9330
Syaiful Nurudin, Nugroho Agung
Prabowo, Pembuatan Video Profile
Tiga Dimensi (3D) Octrash Gemolong
Kabupaten Sragen, Indonesian Jurnal
on Computer Science - Speed (IJCSS)
Volume 9 No 2 – Agustus 2011,
ISSN 1979 – 9330
Novan Andre Prastyo, Pembuatan
Video Profil Tiga Dimensi (3D) Sentra
Ponsel Kudus, Indonesian Jurnal on
Computer Science - Speed (IJCSS) 13
Volume 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN
– 9330
Bambang Eka Purnama, Konsep
Dasar Multimedia, Graha Ilmu,
Yogyakarta, 2013
Frestika Cahyo Hakim, Indah Uly
Wardati (2013), Pembangunan Video
Animasi 3 Dimensi Tentang Bahaya
Narkoba, HIV / Aids Dan Seks Bebas,
Jurnal Speed - Volume 10 No 4 –
Oktober 2013, ISSN 1979 – 9330
Isma Trisna Santi, Bambang Eka
Purnama, Pembuatan Film Ande-Ande
Lumut Menggunakan Animasi 2
Dimensi Pada Taman Kanak-Kanak
(TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan, ,
Jurnal Speed Vol 11 No 3 tahun 2014,
ISSN 1979 – 9330
Firma Latifah, Ramadian Agus Triyono,
Pembuatan Video Profil Smart
Preschool Kepunton Solo, Jurnal
Speed Vol 11 No 4 tahun 2014, ISSN
– 9330
Indra Irawan, Bambang Eka
Purnama, Produksi Film Pendek “In
Solo” Berbasis Multimedia,Jurnal IJNS
Volume 3 No 1 – Januari 2014, ISSN:
-5700 (Print) 2354-6654 (Online),
ijns.apmmi.org
Budi Santosa, Bambang Eka
Purnama, Perancangan Studio Mini
Berbasis Multimedia Universitas
Surakarta, Jurnal Speed 10 Vol 8 No 1
- Februari 2011, ISSN 1979 – 9330
Sri Maryati, Bambang Eka Purnama,
Pembuatan Video Profil Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto
Kabupaten Sukoharjo Dengan
Menggunakan Multimedia, Jurnal
Speed Vol 10 No 1 – Februari 2013 -
ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330
Refbacks
- There are currently no refbacks.