Pengenalan Wisata Pancer Door Dengan Animasi 3 Dimensi

Frestika Cahyo Hakim - Universitas Surakarta, Lies Yulianto - SMK Negeri 3 Pacitan

Abstract


ABSTRACT Pancer Door is a stub at this point in the beach resort city of Pacitan. Therefore, the construction is done by stages. Means of promotion at the time was still using the Figure 2 dimensions, so that the results achieved are less than the maximum. With the 3-D animation is expected that in the future introduction of beach tourism and coastaltourism regional development more detail and clarity. The scope of the problem in this study is how to create multimedia- basedinformation media that can be used as a media introduction to the public beaches. The method used in the manufacture of multimedia-basedinformation is the media, library methods, observations, interviews, analysis, product design, testing and implementation. With the 3-Danimation is expected to potentially help the media and thepromotion of coastal tourism information. Keyword : "3 Dimensions, Media Illustration".
ABSTRAKSI : Pancer Door pada saat ini merupakan rintisan daerah wisata pantai di Kota Pacitan. Oleh sebab itu pembangunan dilakukan dengan cara bertahap. Sarana promosi pada saat masih menggunakan gambar 2 Dimensi, sehingga hasil yang dicapai masih kurang maksimal. Dengan adanya animasi 3 Dimensi diharapkan agar nantinya pengenalan wisata pantai dan pembangunan daerah wisata pantai lebih detail dan jelas. Ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat media informasi berbasis multimedia yang sekaligus dapat digunakan sebagai media pengenalan wisata pantai kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam pembuatan media informasi berbasis multimedia adalah, metode pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan produk, uji coba dan implementasi. Dengan adanya animasi 3 Dimensi diharapkan agar nantinya dapat membantu media informasi dan promosi wisata pantai. Kata Kunci : “3 Dimensi, Media Ilustras


Full Text:

Untitled

References


Joni Andriana, Bambang Eka Purnama, Pembuatan Animasi Film Kartun Dengan Komputer Multimedia, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 9 Volume 7 No 2 – Agustus 2010, ISSN 1979 – 9330, [2] Arif Sutikno, Estiarto Wahyu Sumirat, Haryani, Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Animasi 3D Di Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 9 Volume 7 No 2 – Agustus 2010, ISSN 1979 – 9330 [3] Syaiful Nurudin, Nugroho Agung Prabowo, Pembuatan Video Profile Tiga Dimensi (3D) Octrash Gemolong Kabupaten

Sragen, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 12 Volume 9 No 2 – Agustus 2011, ISSN 1979 – 9330 [4] Novan Andre Prastyo, Pembuatan Video Profil Tiga Dimensi (3D) Sentra Ponsel Kudus, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 13 Volume 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330 [5] Budi Santosa, Bambang Eka Purnama, Perancangan Studio Mini Berbasis Multimedia Universitas Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed 10 Vol 8 No 1 - Februari 2011, ISSN 1979 – 9330 [6] Chandra. 90 Trik Tersembunyi Photoshop: Palembang. Maxikom. 2006 [7] Hadi. Indra Permana. Total Training Max Modeling. Escaeva. 2007 [8] Hakim. Budiman. Laturan tapi Relevan: Yogyakarta. Galangpress. 2005 [9] Hendratman. Hendi. The Magic Of 3D Studio Max: Informatika. Bandung. 2008 [10] Madcoms. Autodesk 3ds Max 2011 untuk Pemula: Yogyakarta. Andi. 2010 [11] Soma Hari Aria. Animasi Kreatif Fundamental dengan 3D Studio Max: Elex Media Komputindo. 2007 [12] Wahana Kompoter. 3D Modeling 3ds Max 2010: Yogyakarta. Andi. 2010 [13] Wahana Komputer. Mendesain Objek 3 Dimensi dengan 3D Studio Max 8: Jakarta. Elex Media Komputindo. 2006 [14] Wahana Komputer. Menguasai Adobe Photoshop CS3: Yogyakarta. Andi. 2008 [15] Wijaya Didik. Total Training Max Special Effects, Escaeva. 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.