Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo

Yulanita Cahya Chrystanti - Teknologi Informatika Universitas Surakarta

Abstract


ABSTRACT : In the development of technology nowadays, people increasingly need the help of the technology itself to help solve problems quickly. Likewise with the world of learning and teaching. Problems that can be found such as the problems of saturation of the material studied. This is experienced also by students in kindergarten. Therefore, developed a learning method that can make teaching and learning activities seem more interesting. It also can encourage the emergence of innovative and creative in students and teachers. In this study describes what things are a factor making interactive media and what is needed in the making. Implementation of this research is confined to one product in the form of Interactive CD. Resulting from this research is to study media in the form of Interactive CD useful for students for easy recall of lessons, to stimulate the development of intelligence and variety of quality learning outcomes. Key Word : Learning Media Literacy and Numeracy
ABSTRAKSI : Dalam perkembangan teknologi sekarang ini, manusia semakin membutuhkan bantuan dari teknologi itu sendiri untuk membantu menyelesaikan permasalahan dengan cepat. Begitupun dengan dunia belajar mengajar. Masalah yang dapat ditemui diantaranya adalah masalah-masalah kejenuhan terhadap materi yang dipelajari. Hal ini dialami juga oleh siswa pada Taman Kanak-kanak.
Oleh karena itu, dikembangkan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat kegiatan belajar mengajar terkesan lebih menarik. Selain itu juga dapat mendorong munculnya inovatif dan kreatif pada siswa dan guru. Dalam penelitian ini menguraikan tentang hal-hal apa saja yang menjadi faktor pembuatan media interaktif dan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Implementasi dari penelitian ini dibatasi pada satu produk dalam bentuk CD Interaktif. Yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran dalam bentuk CD Interaktif yang bermanfaat bagi siswa agar lebih mudah dalam mengingat pelajaran,dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan dan kualitas hasil belajar.
Kata kunci : Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka


Full Text:

Untitled

References


Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo. 2002.

Chandra, Multimedia PC. Media Komputido, Jakarta, 1996.

Daryanto. Media Visual untuk Pengajaran Teknik. Tarsito Bandung. 1993.

Madcoms, Seri Panduan Lengkap Macromedia Flash MX 2004, Andi, Yogyakarta, 2004.

Madcoms, Student Book Series : Adobe Photoshop CS4, Andi, Yogyakarta, 2009.

Hakim, Lukmanul. 111 Rahasia dan Trik Kreatif Macromedia Flash MX. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2003.

Prabawati, Th. Ari. Desain Grafis Dengan Coreldraw X4.Wahana Komputer: Semarang 2009.

Wahana Komputer. Pembuatan CD Interaktif dengan Macromedia Flash MX Profesional 2004. Jakarta : Salemba Infotek. 2004.

Muga Linggar Famukhit, Lies Yulianto, Maryono, Bambang Eka Purnama (2013), Interactive Application Development Policy Object 3D Virtual Tour History Pacitan District based Multimedia, (IJACSA) International Journal of Advanced

Computer Science and Applications, Vol. 4, No.3, 2013 [10] Wawan Saputra, Bambang Eka Purnama, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi KomputerJurnal Speed, Vol 4 No 2 Tahun 2012, ISSN 1979 – 9330 [11] Eka Nanda Muttaqin, Analisa Dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pembelajaran Dengan Media Video Menggunakan Software Adobe Premiere Di SMK Wisudha Karya Kudus, Jurnal Speed Vol 4 No 1 – 2012 - ISSN 1979 – 9330 [12] Neni Yuniati, Bambang Eka Purnama, Gesang Kristianto Nugroho, Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen, Jurnal Speed Vol 3 No 4 - 2011, ISSN 1979 – 9330 [13] Bambang Supiyarto, Bambang Eka Purnama, Gesang Kristanto Nugroho, Pembuatan Media Pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 01 Boyolali, Jurnal Speed - Volume 4 No 3 - 2015 – ijns.org, ISSN: 2302- 5700 (Print) 2354-6654 (Online)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.