MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LISTRIK DINAMIS DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS PADA KELAS X

Imam Janzuli - Program Studi Teknik Informatika, Bambang Eka Purnama ., Rama Dian Agus Triyono - Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surakarta

Abstract


Abstract In this globalization era, computers are needed by the community, especially schools, to support educational facilities. Computers can also help teachers to explain the material students are poorly understood. Media is one component in the process of teaching and learning that are necessary, given that the position of the media is not just a teaching tool, but also an integral part of learning. During this learning is done in dynamic power SMK Wisudha Karya Kudus on the class X is using conventional methods or face to face, so that learning is perceived as boring because students can not interactive and students can not get a picture of what was said by the father / mother teacher . Plus considering the limited time available to complete the learning process. Making these applications using Adobe Director 11 and other programs as a supporter. The method used in this research include observation, interviews and literature. Through the medium of teaching is intended to make learning more interesting and the material can be visualized in the animation medium that students' motivation to learn and increase their knowledge becomes easier to do.

Keywords: Learning Media, Dynamic Power

 

Abstrak – Di era globalisasi ini komputer sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama sekolah, untuk menunjang sarana pendidikan. Komputer juga dapat membantu guru dalam menjelaskan materi yang kurang dipahami siswa. Media merupakan salah satu komponen dalam proses belajar mengajar yang amat diperlukan, mengingat bahwa kedudukan media ini bukan hanya sekedar alat bantu mengajar, tapi juga merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Selama ini pembelajaran listrik dinamis yang dilakukan di SMK Wisudha Karya Kudus pada kelas X masih menggunakan metode konvensional atau tatap muka, sehingga pembelajaran seperti ini dirasa membosankan karena siswa tidak dapat interaktif dan siswa tidak bisa memperoleh gambaran dari apa yang telah disampaikan oleh bapak/ibu guru. Ditambah mengingat keterbatasan waktu yang ada dalam menyelesaikan proses pembelajaran. Pembuatan aplikasi ini menggunakan program Adobe Director 11 serta program-program lain sebagai pendukung. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan kepustakaan. Melalui media pembelajaran ini dimaksudkan untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan materi yang dapat divisualisasi dalam media animasi sehingga motivasi siswa untuk belajar dan menambah pengetahuannya menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Listrik dinamis


Full Text:

Untitled

References


Candra, 2005. Lingo Director MX 2004. Palembang. Maxikom.

Esti Rusita, Pembuatan Media Pembelajaran TIK, Jurnal Informatika dan Komputer-Speed, Edisi 13 Vol 9, No 2 Agustus 2012.

Nino Suryo Nugroho, Media pembelajaran Interaktif Kimia, Jurnal Informatika dan Komputer-Speed, Vol 2 No 2-Agustus 2012.

Neni Yuniati, Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif IPA, Jurnal Informatika dan Komputer-Speed, Edisi Web 12-Februari 2012.

Muhamad Ali, Pengembangan Media Pembelejaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No.1, Maret 2009 Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.