Analisis Penerimaan Pelanggan Terhadap Rail Ticket System Pt.Kai (Persero) Menggunakan Pendekatan Technlogy Acceptance Model

Akhmad Syukron, Eko Saputro, Nova Setiawan - AMIK BSI Yogyakarta

Abstract


Abstrak - Rail Ticket System merupakan sebuah sistem pemesanan tiket secara online PT.KAI (persero) yang dapat digunakan oleh para calon penumpang kereta api untuk memesan tiket dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pelayan kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerimaan pelanggan terhadap rail Ticket System PT.KAI (persero) yang saat ini sudah banyak digunakan dengan menggunakan pendekatan model Technology Acceptence Model (TAM). Sampel yang digunakan dalam penelitaian ini sebanyak 50 responden yang diperoleh  berdasarkan teknik purposive sampling menggunakan kuisioner yang telah dibagikan kepada 50 orang responden yang pernah menggunakan Rail Ticket System tersebut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik, yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat di wilayah yogyakarta yang menggunakan RTS telah dapat menerima RTS sebagai alternatif pemesanan tiket kereta api, dengan faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna adalah Perceived ease of use, Perceive Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use.

Kata Kunci : Rail Ticket System, E-ticketing, Technologi Acceptance Model

 

Abstrak - Rail Ticket System merupakan sebuah sistem pemesanan tiket secara online PT.KAI (persero) yang dapat digunakan oleh para calon penumpang kereta api untuk memesan tiket dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pelayan kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerimaan pelanggan terhadap rail Ticket System PT.KAI (persero) yang saat ini sudah banyak digunakan dengan menggunakan pendekatan model Technology Acceptence Model (TAM). Sampel yang digunakan dalam penelitaian ini sebanyak 50 responden yang diperoleh  berdasarkan teknik purposive sampling menggunakan kuisioner yang telah dibagikan kepada 50 orang responden yang pernah menggunakan Rail Ticket System tersebut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik, yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat di wilayah yogyakarta yang menggunakan RTS telah dapat menerima RTS sebagai alternatif pemesanan tiket kereta api, dengan faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna adalah Perceived ease of use, Perceive Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use.

Kata Kunci : Rail Ticket System, E-ticketing, Technologi Acceptance Model


Full Text:

PDF

References


Nur W.Rahayu, Dhery D. Andika"Assessing the Quality of Rail Ticket Reservation Systems: Cases from Indonesia",ICCOINS,pp 1-5. 2014.

Hofstede, G (1980), "Culture‟s Consequences; International Differences in work related values", Sage, Beverly Hills.

Hofstede, G. (1984). Culture's Consequences: International Differences in Work-Related Values

nd ed. SAGE, Beverly Hills.

[3] N. A. Ismail, H. Hussin. “E-CRm Features in the

Context of Airlines e-ticket purchasing: A

conceptual Framework.” International Conference on Information and Communication Technology for the Muslim World.2013 5th

P. Randiwela, “E-CRM for Sri Lankan Tourism Industry,” 2009, pp. 700-710.

M. Chuttur, "Overview of the Technology

Acceptance Model: Origins, Developments and Future Direction," Working Papers on Information System, vol. 9, no. 37, 2009.

R. Hossain, I.Mahmud, "Influence of cognitive style on mobile payment system adoption: An Extended Technology Acceptance Model",ICCCI, Jan.2016.

Md. Tariqul Islam, Md. Rakibul Hoque,Golan Sorwa,"Understanding Customers’ Intention to Use ecommercein Bangladesh: An Application of the Technology Acceptance Model (TAM)",ICCIT,pp 512-516. 2016.

N. Saeed, Y. Yang, and S. Sinnappan, “Effects of Cognitive Style on User Acceptance of Blogs and Podcasts,” 2009 Ninth IEEE Int. Conf. Adv. Learn.

Technol., pp. 293–297,Jul. 2009

[9] S. N. Baraghani, “MASTER ’ S THESIS Factors Influencing the Adoption of Internet Banking MASTER ’ S THESIS Factors Influencing the Adoption of Internet,” 2008.

M. Chuttur, “Working Papers on Information Systems Overview of the Technology Acceptance Model_: Origins , Developments and Future Directions,” vol. 9, no. 2009.

S. Yang, Y. Lu, S. Gupta, Y. Cao, and R. Zhang, “Mobile payment services adoption across time: An empirical study of the effects of behavioral beliefs, social influences, and personal traits,” Comput. Human Behav., vol. 28, no. 1, pp. 129–142, Jan. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.