Analisa Dan Rancang Bangun Customer Relationship Management Pada BKAD Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati

Listiarini Edy Sudiati, Didik Purwanto - STIMIK AKI PATI

Abstract


Abstract - The rapid development of technology makes it easier for human to do many things. Although there are still many people who are not so follow the development tehknologi, so it causes a problem. As in BKAD still use less efficient system. Therefore the authors make a web-based system design to overcome the problems that occur, by designing CRM to maintain good relationships between BKAD and Society. Using pieces analysis to identify design problems and modeling using UML as a development methodology and depiction of the system to be created, it is considered sufficient to design CRM which will solve the problems in BKAD. Hopefully with this matter BKAD and community relations will get better.

Keywords: CRM, Web, Analysis Pieces, UML

 

Abstrak - Perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal. Walaupun begitu masih banyak orang yang tidak begitu mengikuti perkembangan tehknologi, sehingga hal tersebut menimbulkan permasalahan. Seperti di BKAD yang masih menggunakan sistem yang kurang efisien. Maka dari itu penulis membuat rancangan sistem yang berbasis web untuk mengatasi masalah yang terjadi, dengan merancang CRM untuk menjaga hubungan baik antara BKAD dan Masyarakat. Dengan menggunakan analisa pieces untuk mengidentifikasi masalah dan pemodelan desain menggunakan UML sebagai metodologi pengembangan dan penggambaran sistem yang akan dibuat, dirasa sudah cukup untuk merancang CRM yang nantinya dapat mengatasi permasalahan di BKAD. Semoga dengan hal ini hubungan BKAD dan masyarakat menjadi semakin baik.

Katakunci: CRM, Web, Analisa Pieces, UML


Full Text:

PDF

References


Afrina, M. et al., 2013. Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. , 5(2), pp.629–644.

Di, C.R.M.E. et al., 2014. Customer relationship management (crm) e-government. , 2, pp.780–789.

Dyantina, O., Afrina, M. & Ibrahim, A., 2012. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3. , 4(2), pp.516–529.

Ersi, D.Y. & Semuel, H., 2014. Analysis CRM , Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Produk. , 8(1), pp.1–8.

Hatami, S., 2015. A Comparative Examination of Implementing Customer Relationship Management ( CRM ) In Three Industrial Groups - Heavy and Intermediate Goods Industries - Consumable Durables Goods Industries - Consumable Non- Durables Goods Industries in Shiraz City. , 3.

Ningsih, N.W. & Yulianto, E., 2016. Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan PT Astra Internasional , Tbk-TSO AUTO2000 Cabang Denpasar ). , 30(1), pp.171–177.

Nugroho, A.B. & Novianti, H., 2014. Pengembangan Customer Relationship Management Untuk Toko Tradisional Menggunakan CRM-IRIS Methodology. , pp.144–153.

Petra, U.K.,2013. Sikap Pelanggan Mengenai Program CRM “ Return Guest Program ” Di Surabaya Plaza Hotel.

Rules, A. et al., 2010. Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan. , 5(1), pp.35–38.

Yulianti, E. et al., 2014. Jurnal Momentum ISSN : 1693-752X. , 16(1), pp.18–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.