Pengaruh Penggunaan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumberlawang Sragen

Debyo Hendry Santoso .

Abstract


Abstract – The study of Social Science in class VII SMP N 2 Sumberlawang Sragen 1 year
Semester 2011/2012 lessons still use methods/konvensional lecture and start 2-year semester
2011/2012 lessons using computer media namely with the utilization of software applications Microsoft
Power Point Presentation, the Digital Map with Macromedia Flash, Google Earth and the Internet but
till now not yet known to what extent its effect on improving learning achievements of sociaL science
learners class VII in Junior High School 2 Sumberlawang, Sragen. Problem formulation of this
research is the extent to which the effects of the use of computer media for accomplishment of
learning Science subjects Geography learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. This
research was carried out in junior high N 2 Sumberlawang. The population of this research is the
learners class VII SMP N 2 Sumberlawang, sampling with proportional random sampling techniques,
data collection Instruments used are questionnaire and learning achievements obtained by the method
of documentation on the value of the lesson 2 years semester ratings 2011/2012. The analysis of the
data used by a simple linear regression analysis. The purpose of this research is to obtain proof of the
extent of influence of computer media use of the achievements of the study of Social Science students
of class VII Junior High School 2 Sumberlawang. The benefits of research are as input material for the
school in making policies about the continuity of the process of teaching and learning in particular for
Social Science in relation to the use of computer media. The research method used was the library,
observation, interviews, analysis of statistical calculation.
After the data is collected and processed with SPSS statistics 18 obtained a value of F a
countdown 8.001. Then Fhitung compared to the F tables, with a 5% significant level then retrieved F table
of 4.10. So F a countdown > F tablea
Keywords: Learning Media, Learning Achievements
Abstrak – Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VII SMP N 2
Sumberlawang Sragen Semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 masih menggunakan metode
ceramah/konvensional dan mulai semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan media
komputer yaitu dengan pemanfaatan aplikasi software presentasi Microsoft Power Point, Peta Digital
dengan Macromedia Flash, Google Earth dan Internet tapi sampai saat ini belum diketahui sejauh
mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
peserta didik kelas VII di sekolah SMP N 2 Sumberlawang, Sragen. Rumusan masalah dari penelitian
ini adalah sejauh mana pengaruh penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Sragen.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Sumberlawang. Populasi dari Penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang, Pengambilan sampel dengan teknik proportional random
sampling, Instrumen pengumpulan data pengggunaan media komputer yang digunakan adalah
kuesioner dan prestasi belajar diperoleh dengan metode dokumentasi pada nilai rapor semester 2
tahun pelajaran 2011/2012. Analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linier sederhana.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pembuktian sejauh mana pengaruh
penggunaan media komputer terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
peserta didik kelas VII SMP N 2 Sumberlawang. Manfaat dari penelitian adalah sebagai bahan
masukan bagi pihak sekolah dalam membuat kebijakan tentang kesinambungan proses belajar
mengajar khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam kaitannya dengan
penggunaan media komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, observasi,
wawancara, analisis perhitungan statistik. Setelah data terkumpul dan diolah statistik dengan SPSS
18 diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.001. Kemudian Fhitung dibandingkan dengan Ftabel, dengan taraf
signifikan 5% maka diperoleh Ftabel sebesar 4.10. Sehingga Fhitung > Ftabel.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komputer
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas VII SMP N 2
Sumberlawang, Sragen.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Prestasi Belajar

Full Text:

Untitled

References


Ating Somantri dan Ali Muhidin (2011),

Aplikasi Statistika dalam penellitian,

Bandung: CV Pustaka Setia.

Crissendy Felicia, (2012) Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran

Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil

Belajar Siswa, Universitas Pendidikan

Surakarta.

Chosin Widodo dan Jasmadi (2008),

Paduan Menyusun Bahan Ajar

Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT Elex

Media Komputindo.

Musfiqon, (2012), Pengembangan

Media dan Sumber Pembelajaran.

Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Nanik Tri Widayanti. Pengaruh

Penggunaan Media Komputer

Terhadap Prestasi Belajar Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Geografi-Sosiologi Peserta Didik Kelas

IX Sekolah Menengah Pertama Negeri

Polokarto Sukoharjo. Jurnal.

Universitas Surakarta. 2012

Nur Sahid Kurniawan. Pengaruh

Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi

Belajar Komputer siswa Kelas X pada

SMA negeri Mojogedang Kabupaten

Karanganyar, Jurnal. Universitas

Surakarta. 2010.

Sugiyono, (2012). Statistika untuk

Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Suharsini Arikunto. (1998). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan.

(2012) Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.

Universitas Pendidikan Indonesia.

Bekti Ratna Timur Astuti, Dampak

Komputer Dan Internet Pada

Perkembangan Anak, Indonesian

Jurnal on Computer Scoence - Speed 4

Volume 2 Nomor 2 Desember 2007,

ISSN 1979 – 9330

FA. Luky Primantari, Pemanfaatan

Teknologi Komputer Untuk Menentukan

Keakurasian Perancangan Struktur,

Indonesian Jurnal on Computer

Scoence - Speed 5 Volume 3 Nomor 1

Agustus 2008, ISSN 1979 – 9330

Darsono, Upaya Peningkatan Sikap

Net-Preneur Dan Prestasi Belajar

Siswa Pada Mata Diklat E-Commerce

Dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Project Work, Jurnal

Speed 13 FTI UNSA Vol 9 No 2 –

Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330

Sumardiyono, Pengaruh Kursi

Ergonomis Terhadap Gangguan

Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 5 No 4 - 2013 - ijns.org

ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) 17

Muskuloskleletal, Indonesian Jurnal on

Computer Scoence - Jurnal Speed 13

FTI UNSA Vol 9 No 2 – Agustus 2012,

ISSN 1979 – 9330

Nanik Tri Widayanti, Ramadhian

Agus Triyono, Pengaruh Penggunaan

Media Komputer Terhadap Prestasi

Belajar Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial Geografi –

Sosiologi Peserta Didik Kelas Ix

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1

Polokarto Sukoharjo, Indonesian Jurnal

on Computer Scoence - Jurnal Speed

FTI UNSA Vol 9 No 2 – Agustus

, ISSN 1979 – 9330


Refbacks

  • There are currently no refbacks.