Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi Dan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Sragen

Yuni Wiyarti - Universitas Surakarta, Gesang Kristianto Nugroho - Universitas Surakarta

Abstract


Abatrak : Media Komputer Pembelajaran adalah media yang menggunakan teknologi berbasis
komputer. Penggunaan media ini dalam proses pembelajaran dapat memotivasi anak dan
meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pada pengenalan berbagai alat transportasi dan
rambu-rambu lalu lintas, karena anak yang masih berusia kanak-kanak belum bisa membedakan dan
dituntut untuk mampu menguasai materi yakni dengan kompetensi dasar berupa pengenalan alat-alat
transportasi dengan baik dan benar. Dengan banyaknya jenis dan konsep yang harus diserap serta
proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat klasikal sehingga menyebabkan siswa bosan
dengan pembelajaran dikelas serta guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran Alat Transportasi dan
Rambu-rambu lalu lintas pada Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang
Kabupaten Sragen, agar dapat membantu para pengajar untuk bisa lebih mudah dan efektif dalam
melakukan proses mengajar selain itu dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri.
Penelitian akan menggunakan metode observasi, kepustakaan, perancangan, pembuatan, uji
coba dan implementasi. Penelitian ini dapat membantu dalam proses belajar mengajar dan dapat
menambah referensi baru pembelajaran Pengenalan Alat Transportasi dan Rambu-rambu lalu lintas
Pada Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Kabupaten Sragen.
Kesimpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran yang dibuati cukup bermanfaat dalam
melakukan proses belajar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran TK Pertiwi 1
Abstract : Computer based media is learning process uses computer as a learning media. The use
of this media in the learning process is able to motivate and increase the children’s science and skill.
In term of introducing some kinds of transportation vehicle and traffic signs, the children are expected
to recognize the materials by using basic competence such as recognizing the transportation vehicle
correctly, because the children are still in kindergarten and they find many difficulties to differ them.
There are many types of children and concepts which must be adapted and the learning process is
classical, so it can make the children feel boring with the classroom learning and even the teacher
sometimes has to repeat the learning material more and more.
This Research is expected to make an Development media , transportation vehicle and
traffic signs in the Kindergarten (TK) Pertiwi Plumbungan Karangmalang Sragen Regency, so that it
can help the teachers easier and more effective in doing thelearning process, and even it canbe used
a media for learning themselves. The research uses the observation method, leterary criticism,
arrangement, producing, trial and implementation. This researh is able to help in teaching learning
process and improve the new reference of learning to introduce transportation vehicle and traffic signs
in the Kindergarten (TK) Pertiwi Plumbungan Karangmalang Sragen Regency. As the conclusion, the
learning media used in the research has many advantages in learning process.
Key word : Learning Media or Multimedia

Full Text:

Untitled

References


Andi, 2003.CorelDraw 11 Exercese ,

Andi Yogyakarta 2003

C.S.T. Kansil, Cristine S.T. Kasnsil,

Disiplin Berlalu Lintas Di Jalan

Dr.Suyoto Sunardi Yang, 2005.

Multimedia dan aplikasinya Dengan

Macromedia Director

Endang widjajanti / Departemen

Perhubungan Jakarta. Serial

Pendidikan keselamatan Jalan

Hendi Hendratman ST, 2006. The

Magic Of Macromedia Director,

Informatika: Bandung. 2006

ISSN: 2302-1136.

Kusbianto Ferry. Media Pembelajaran

Microsoft Office Excel 2010 Untuk

Sekolah Dasar Negeri 03 Macanan.

Seminar Riset Unggulan Nasional

Informatika dan Komputer FTI UNSA.

M. Suyanto. Multimedia untuk

meningkatkan Keunggulan Bersaing,

Andi, Yogyakarta, 2003.

Mc Cormick. Multimedia adalah

kombinasi dari paling sedikit 2 media

input atau output dari data, media ini

dapat berupa audio (suara, music),

animasi, video, teks, grafik dan gambar

Andi, 1996.

Novitasari 2011. Pembangunan Media

Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk

siswa Kelas 1 Sekolah dasar Negeri 15

Sragen.

Nugroho Sentot. Pembuatan Media

Pembelajaran Pengenalan Dasar

Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 dan 2

Pada Sekolah Dasar Negeri 2

Kacangan Kabupaten Sragen.

Robin dan Linda, Multimedia yaitu

dengan menggunakannya konteks,

Andi, 2001.

Rosch. Multimedia secara umum

merupakan kombinasi tiga elemen

yaitu: suara, gambar dan teks, Andi,

Sari Kartika Linda, Sasongko Dimas.

Media Pembelajaran Interaktif Bahasa

Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar

Kelas II – Speed Vol 2 No 1- Maret

Wibowo Joko Endro, Purnama Eka

Bambang, Kristianto Gesang. Media

Pembelajaran Interaktif Matematika

Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV .

Retno, Margono, Bambang Eka

Purnama, Study Of Interaktif

Recognition Letter and Number For

Children With Computer Multimedia,

Jurnal Speed 4 Volume 3 Nomor 1

Agustus 2008, ISSN 1979 – 9330

Suyatno, Bambang Eka Purnama,

Pembuatan Media Pembelajaran

Coreldraw X4, Jurnal Speed Vol 8 No 2

– Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330

Ernawati, Bambang Eka Purnama,

Media Pembelajaran Shalat Bagi Anak

Berbasis Multimedia, Jurnal Speed Vol

No 1 - Februari 2012, ISSN 1979 –

Wawan Saputra, Bambang Eka

Purnama, Endang Puji Rahayu,

Pengembangan Multimedia

Pembelajaran Interaktif Untuk Mata

Kuliah Organisasi Komputer, Jurnal

Speed Vol 9 No 1 - Februari 2012,

ISSN 1979 – 9330

Neni Yuniati, Bambang Eka

Purnama, Gesang Kristianto

Nugroho, Pembuatan Media

Pembelajaran Interaktif Ilmu

Pengetahuan Alam Pada Sekolah

Dasar Negeri Kroyo 1 SragenJurnal

Speed Vol 9 No 1 - Februari 2012,

ISSN 1979 – 9330

Mochamad Miswar Hadibin,

Bambang Eka Purnama,

Pembangunan Media Pembelajaran

Teknik Komputer Jaringan Kelas X

Semster Ganjil Pada Sekolah

Menengah Kejuruan Taruna Bangsa

Pati Berbasis Multimedia Interaktif,

Jurnal Speed Vol 10 No 1 – Februari

- ISSN 1979 – 9330

Rohman, Bambang Eka Purnama

(2013), Media Pembelajaran Studio

Pinnacle Berbasis Multimedia, Journal

Speed - Volume 10 No 4 – Oktober

, ISSN 1979 – 9330

Fajar Hermono, Fitro Nur Hakim

(2013), Prancangan Media

Pembelajaran Berbasis Multimedia

(Studi Kasus Mata Pelajaran IPA

Bahasan Gerak Benda Kelas III SDN

Dempelrejo), Speed Journal Vol 10 No

– Mei 2013 , ISSN 1979 – 9330,

speed.apmmi.org

Sri Maryati, Bambang Eka Purnama,

Pembuatan Video Profil Sekolah

Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto

Kabupaten Sukoharjo Dengan

Menggunakan Multimedia, Jurnal

Speed Vol 10 No 1 – Februari 2013 -

ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330

Bambang Eka Purnama (2013),

Konsep Dasar Multimedia, Graha Ilmu,

Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.