Pembangunan Media Pembelajaran Alat Transportasi Dan Rambu-Rambu Lalu Lintas Pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Sragen
Abstract
komputer. Penggunaan media ini dalam proses pembelajaran dapat memotivasi anak dan
meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Pada pengenalan berbagai alat transportasi dan
rambu-rambu lalu lintas, karena anak yang masih berusia kanak-kanak belum bisa membedakan dan
dituntut untuk mampu menguasai materi yakni dengan kompetensi dasar berupa pengenalan alat-alat
transportasi dengan baik dan benar. Dengan banyaknya jenis dan konsep yang harus diserap serta
proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat klasikal sehingga menyebabkan siswa bosan
dengan pembelajaran dikelas serta guru harus seringkali mengulangi materi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran Alat Transportasi dan
Rambu-rambu lalu lintas pada Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang
Kabupaten Sragen, agar dapat membantu para pengajar untuk bisa lebih mudah dan efektif dalam
melakukan proses mengajar selain itu dapat digunakan sebagai sarana belajar sendiri.
Penelitian akan menggunakan metode observasi, kepustakaan, perancangan, pembuatan, uji
coba dan implementasi. Penelitian ini dapat membantu dalam proses belajar mengajar dan dapat
menambah referensi baru pembelajaran Pengenalan Alat Transportasi dan Rambu-rambu lalu lintas
Pada Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi 1 Plumbungan Karangmalang Kabupaten Sragen.
Kesimpulan dari penelitian yaitu media pembelajaran yang dibuati cukup bermanfaat dalam
melakukan proses belajar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran TK Pertiwi 1
Abstract : Computer based media is learning process uses computer as a learning media. The use
of this media in the learning process is able to motivate and increase the children’s science and skill.
In term of introducing some kinds of transportation vehicle and traffic signs, the children are expected
to recognize the materials by using basic competence such as recognizing the transportation vehicle
correctly, because the children are still in kindergarten and they find many difficulties to differ them.
There are many types of children and concepts which must be adapted and the learning process is
classical, so it can make the children feel boring with the classroom learning and even the teacher
sometimes has to repeat the learning material more and more.
This Research is expected to make an Development media , transportation vehicle and
traffic signs in the Kindergarten (TK) Pertiwi Plumbungan Karangmalang Sragen Regency, so that it
can help the teachers easier and more effective in doing thelearning process, and even it canbe used
a media for learning themselves. The research uses the observation method, leterary criticism,
arrangement, producing, trial and implementation. This researh is able to help in teaching learning
process and improve the new reference of learning to introduce transportation vehicle and traffic signs
in the Kindergarten (TK) Pertiwi Plumbungan Karangmalang Sragen Regency. As the conclusion, the
learning media used in the research has many advantages in learning process.
Key word : Learning Media or Multimedia
Full Text:
UntitledReferences
Andi, 2003.CorelDraw 11 Exercese ,
Andi Yogyakarta 2003
C.S.T. Kansil, Cristine S.T. Kasnsil,
Disiplin Berlalu Lintas Di Jalan
Dr.Suyoto Sunardi Yang, 2005.
Multimedia dan aplikasinya Dengan
Macromedia Director
Endang widjajanti / Departemen
Perhubungan Jakarta. Serial
Pendidikan keselamatan Jalan
Hendi Hendratman ST, 2006. The
Magic Of Macromedia Director,
Informatika: Bandung. 2006
ISSN: 2302-1136.
Kusbianto Ferry. Media Pembelajaran
Microsoft Office Excel 2010 Untuk
Sekolah Dasar Negeri 03 Macanan.
Seminar Riset Unggulan Nasional
Informatika dan Komputer FTI UNSA.
M. Suyanto. Multimedia untuk
meningkatkan Keunggulan Bersaing,
Andi, Yogyakarta, 2003.
Mc Cormick. Multimedia adalah
kombinasi dari paling sedikit 2 media
input atau output dari data, media ini
dapat berupa audio (suara, music),
animasi, video, teks, grafik dan gambar
Andi, 1996.
Novitasari 2011. Pembangunan Media
Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk
siswa Kelas 1 Sekolah dasar Negeri 15
Sragen.
Nugroho Sentot. Pembuatan Media
Pembelajaran Pengenalan Dasar
Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 dan 2
Pada Sekolah Dasar Negeri 2
Kacangan Kabupaten Sragen.
Robin dan Linda, Multimedia yaitu
dengan menggunakannya konteks,
Andi, 2001.
Rosch. Multimedia secara umum
merupakan kombinasi tiga elemen
yaitu: suara, gambar dan teks, Andi,
Sari Kartika Linda, Sasongko Dimas.
Media Pembelajaran Interaktif Bahasa
Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar
Kelas II – Speed Vol 2 No 1- Maret
Wibowo Joko Endro, Purnama Eka
Bambang, Kristianto Gesang. Media
Pembelajaran Interaktif Matematika
Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV .
Retno, Margono, Bambang Eka
Purnama, Study Of Interaktif
Recognition Letter and Number For
Children With Computer Multimedia,
Jurnal Speed 4 Volume 3 Nomor 1
Agustus 2008, ISSN 1979 – 9330
Suyatno, Bambang Eka Purnama,
Pembuatan Media Pembelajaran
Coreldraw X4, Jurnal Speed Vol 8 No 2
– Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330
Ernawati, Bambang Eka Purnama,
Media Pembelajaran Shalat Bagi Anak
Berbasis Multimedia, Jurnal Speed Vol
No 1 - Februari 2012, ISSN 1979 –
Wawan Saputra, Bambang Eka
Purnama, Endang Puji Rahayu,
Pengembangan Multimedia
Pembelajaran Interaktif Untuk Mata
Kuliah Organisasi Komputer, Jurnal
Speed Vol 9 No 1 - Februari 2012,
ISSN 1979 – 9330
Neni Yuniati, Bambang Eka
Purnama, Gesang Kristianto
Nugroho, Pembuatan Media
Pembelajaran Interaktif Ilmu
Pengetahuan Alam Pada Sekolah
Dasar Negeri Kroyo 1 SragenJurnal
Speed Vol 9 No 1 - Februari 2012,
ISSN 1979 – 9330
Mochamad Miswar Hadibin,
Bambang Eka Purnama,
Pembangunan Media Pembelajaran
Teknik Komputer Jaringan Kelas X
Semster Ganjil Pada Sekolah
Menengah Kejuruan Taruna Bangsa
Pati Berbasis Multimedia Interaktif,
Jurnal Speed Vol 10 No 1 – Februari
- ISSN 1979 – 9330
Rohman, Bambang Eka Purnama
(2013), Media Pembelajaran Studio
Pinnacle Berbasis Multimedia, Journal
Speed - Volume 10 No 4 – Oktober
, ISSN 1979 – 9330
Fajar Hermono, Fitro Nur Hakim
(2013), Prancangan Media
Pembelajaran Berbasis Multimedia
(Studi Kasus Mata Pelajaran IPA
Bahasan Gerak Benda Kelas III SDN
Dempelrejo), Speed Journal Vol 10 No
– Mei 2013 , ISSN 1979 – 9330,
speed.apmmi.org
Sri Maryati, Bambang Eka Purnama,
Pembuatan Video Profil Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto
Kabupaten Sukoharjo Dengan
Menggunakan Multimedia, Jurnal
Speed Vol 10 No 1 – Februari 2013 -
ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330
Bambang Eka Purnama (2013),
Konsep Dasar Multimedia, Graha Ilmu,
Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.