PEMBUATAN FILM ANDE-ANDE LUMUT MENGGUNAKAN ANIMASI 2 DIMENSI PADA TAMAN KANAK-KANAK (TK) AZ-ZALFA SIDOHARJO PACITAN

Isma Trisna Santi ., Bambang Eka Purnama ., Sukadi .

Abstract


Abstraction: Indonesia is a country with diverse cultures and arts. One of the author adopted here is the work culture in the form of papers or folklore Then the 2D animated film made by Ande ande Lumut brief concept and packaging in accordance with the changing times.The purpose of this animation filmmaking is creating two-dimensional animated film with a Java character with cartoon style techniques, creating a story that smells 2D animated film legends with the concept of modern comedy. The benefit of this research is to enrich the work made in the country in the field of cinema and animation, providing a design masterpiece that can be enjoyed and be entertained in the midst of society. The method used is the method of literature and the Internet, Methods of Observation, Methods of Design and Implementation Methods. In this study also outlined the stages of making storyboards, graphics and character of the player, making the symbols, giving action script, giving sound or music to the implementation by the end of the manufacturing process. So with this study are expected this movie to be exciting entertainment and positive values are taken from the existing view.
Results from this study is a 2D animated film titled Ande ande Lumut which can enrich the work made in the country in the field of cinema and animation.

Key Word   :     The Making of Film Animation two dimensions

Abstraksi: Indonesia merupakan negara yang memiliki beranekaragam budaya dan seni. Salah satu yang penulis angkat adalah hasil karya budaya yang berupa karya tulis atau cerita rakyat. Tujuan dari pembuatan film animasi ini adalah menciptakan film animasi 2 dimensi dengan suatu karakter Jawa dengan teknik gaya gambar kartun, menciptakan suatu cerita film animasi 2D yang berbau legenda dengan konsep komedi modern. Manfaat dari penelitian ini adalah memperkaya hasil karya buatan dalam negeri dibidang perfilman dan animasi, memberikan sebuah karya desain yang dapat dinikmati dan bersifat menghibur di tengah-tengah masyarakat. Metode yang digunakan adalah Metode Kepustakaan dan Internet, Metode Observasi, Metode Perancangan dan Metode Implementasi. Dalam penelitian ini juga diuraikan mengenai tahap pembuatan storyboard, pembuatan gambar dan karakter dari pemain, pembuatan simbol-simbol, pemberian action script, pemberian sound atau musik sampai Implementasi pada akhir proses pembuatannya. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan film ini dapat menjadi hiburan yang menarik dan diambil nilai positif dari tampilan yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah film animasi 2D berjudul Ande ande Lumut yang dapat memperkaya hasil karya buatan dalam negeri di bidang perfilman dan animasi.

Kata kunci :      Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi

 


Full Text:

Untitled

References


Andi, Mahir Dalam 7 hari Macromedia Flash Pro 8.Yogyakarta : Madcoms, 2007

Ariyus, Dony, Keamanan Mutimedia.Yogyakarta : Andi Offset, 2007

Beny, Perancangan dan Pembuatan Film Kartun 2D.Yogyakarta : STMIK AMIKOM, 2006

Kurniawan, Yahya,ST, Belajar Sendiri Macromedia Flash 8.Jakarta : Elex Media Komputido, 2006

Mulyanta, Leong Marlon, Media Pembelajaran.Yogyakarta : Universitas Atmajaya, 2009

Rosari, Winong Rinati, Macromedia Flash Pro 8.Mediun : Andi Offset, 2006

Sarumpaet, Riris K. Toha. Pedoman Penelitian Sastra Anak.Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010

Sianipar, Pandapotan,Ir, Video Editing.Jakarta : Elex Media Komputido, 2006

Sunarto, Agus, Petunjuk Penggunaan Cool Edit Pro.Jakarta : Internews Indonesia, 2000

Ristina, Pembuatan Film Animasi Rahasia Gatotkaca Menggunakan Animasi 2 Dimensi : Universitas Surakarta, 2011

Semedhi, Bambang, Sinematografi-Videografi suatu pengantar. Risman Sikumbang, Ghalia Indonesia, Bogor, 2011, ISBN: 978-979-450-629-5

Pranoto, Dwi, Produksi Film Pendek Catatan Perantau : Universitas Surakarta, 2013

Purnama, Eka Bambang, Konsep Dasar Multimedia : Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013, ISBN: 978-602-262-048-8

Joni Andriana, Bambang Eka Purnama, Pembuatan Animasi Film Kartun Dengan Komputer Multimedia, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 9 Volume 7 No 2 – Agustus 2010, ISSN 1979 – 9330,

Arif Sutikno, Estiarto Wahyu Sumirat, Haryani, Sistem Informasi Pengarsipan Berbasis Animasi 3D Di Lembaga Pendidikan Komputer Pratama Mulia Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 9 Volume 7 No 2 – Agustus 2010, ISSN 1979 – 9330


Refbacks

  • There are currently no refbacks.