SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) MUHAMMADIYAH PACITAN

Reny Utami ., Sukadi .

Abstract


Abstract :The Payroll employee System at High School Muhammadiyah Pacitan done using semi computerization. By using the semi computerization data stored are vulnerable because it do not saved in the database. Thus requiring the backup of data as backup data. It is also not efficient and also need any time in inputting data. So that the authors will make the Employee Payroll Information System. Data stored in the system to be safe because it is stored in the database. With the establishment of Employee Payroll System is expected to improve the performance of the previous Payroll System.

The method used in making Payroll Information Systems at High School Muhammadiyah Pacitan is  field study, observation, interview and literature study.The benefits and objectives include controlling Payroll Information System at  SMA Muhammadiyah Pacitan, produce Payroll Information System at  the SMA Muhammadiyah Pacitan, can facilitate performance on the administration in terms of staff salaries to manage the data, can analyze and design a programming-based information systems, and optimize security the data.The results of the design of the system by the application program is expected to be built Payroll Information System is more optimal based on the data entered into the system.

Key word : payroll information systems

 

Abtraksi : Saat ini sistem informasi yang digunakan dalam proses penggajian Guru dan Karyawan di SMA Muhammadiyah Pacitan  bersifat semi komputerisasi.  Dengan semi komputerisasi data yang tersimpan rentan hilang karena tidak tersimpan di dalam database. Sehingga membutuhkan backup data sebagai data cadangan. Selain itu juga belum efisien dan juga membutuhkan waktu dalam penginputan data. Maka dari itu penulis akan membuat Sistem Informasi Penggajian. Data yang tersimpan di dalam Sistem menjadi aman karena sudah tersimpan di dalam database. Dengan dibuatnya Sistem Penggajian Pegawai diharapkan dapat meningkatkan kinerja Sistem Penggajian sebelumnya.

Metode yang digunakan dalam membuat Sistem Informasi Penggajian pada Sekolah Menengag Atas ( SMA ) Muhammadiyah Pacitan adalah metode studi lapangan, observasi, wawancara, dan studi pustaka.Manfaat dan tujuan antara lain mengontrol Sistem Informasi Penggajian  pada SMA Muhammadiyah Pacitan, menghasilkan Sistem Informasi Penggajian pada SMA Muhammadiyah Pacitan, dapat mempermudah kinerja pada bagian tata usaha dalam hal mengelola data gaji pegawai, dapat menganalisis dan merancang sebuah sistem informasi berbasis pemrograman, dan mengoptimalkan keamanan data.Hasil dari perancangan sistem dengan program aplikasi tersebut diharapkan dapat dibangun Sistem Informasi Penggajian yang lebih optimal berdasarkan data yang dimasukkan ke dalam sistem tersebut.

Kata kunci : Sistem Informasi Penggajian


Full Text:

Untitled

References


Bambang Eka Purnama, Sistem Informasi Kartuhalo Dari Telkomsel Berbasis Komputer Multimedia Kajian Strategis Praktis Telkomsel Divisi Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 11 Vol 8 No 2 – Agustus 2011 , ISSN 1979 – 9330

Suryati, Bambang Eka Purnama, Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 13 Vol 9 No 2 – Agustus 2012 , ISSN 1979 – 9330

Agusmidah, Dinamika Hukum Ketenagakerjaan Indonesia, Medan:USU Press 2010.

Bin Ladjamudin, Al-Bahra, Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya, Graha Ilmu Yogyakarta, 2004.

Hartono, Jogiyanto,MBA,Ph.D, Pengenalan Komputer, 1999.

Panuju, Redi, Sistem Komunikasi Indonesia, Pustaka Pelajar, 1997.

Uma Daihani, Dadan, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Jakatra. Elex Media Komputindo, 2001.

Andoko, Supri, Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Comanditer Venoschaf (CV). Mobile Cell Pacitan,Seruni FTI UNSA 2012 Volume 1 ISSN: 2302-1136 (Print) - 2088-0154 (Online).

Arif,Saiful Nur dan Ishak, SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN GURU PADA SMA PAB 11 LUBUK PAKAM,Jurnal SAINTIKOM Vol. 10 / No. 3 / September 2011.

Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi Edisi II. Yogyakarta. Andi Offset. 2005

K.Hendra, M.Eri dan R.Nur. Aplikasi Penjualan dengan Program Java Netebeans, Xampp, dan iReport. Jakarta. Elekmedia Komputindo. 2011

Mulyadi. Sistem Akuntansi. Edisi ke tiga. Jakarta: Salemba Empat. 2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.