Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan

Isma Trisna Santi ., Sukadi .

Abstract


Abstract :Media Instructional are now more developed and developing countries. Both in
technology manufacturing, delivery and media. One is The Making of Game Learning
Introduction Letters Hijaiyah in children needs to be improved both in intensity and the
media. To increase the intensity and efficiency of the delivery of necessary auxiliary media is
packaged in an interesting, relaxed, and interactive, one way is to package the game format.
Game with packaging will trigger curiosity, competitiveness, and a sense of fun while
learning. The methods used include interviewing methods, observation methods, library
methods, methods of system analysis, design methods, testing methods, and methods of
implementation. Given these games can help teachers, educators and parents to foster the
spirit of the baby in the study. Games Learning also can train creativity, language,
emotional, social values, attitudes and life balance right and left brain.
Key word : Learning, Game, Animasi 2Dimensi
Abstraksi:Media pembelajaran kini sudah kian maju dan berkembang. Baik secara
teknologi pembuatan,penyampaian maupun medianya. Salah satunya adalah Game
Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah pada anak perlu ditingkatkan baik secara
intensitas dan medianya. Untuk meningkatkan intensitas dan efisiensi penyampaian perlu
media pembantu yang dikemas secara menarik, santai, dan interaktif, salah satu caranya
adalah mengemas dengan format Game. Dengan kemasan Game akan memicu rasa
penasaran, daya saing, dan rasa senang saat belajar. Adapun metode-metode yang
digunakan diantaranya adalah metode interview, metode observasi, metode kepustakaan,
metode analisis system, metode perancangan, metode pengujian, dan metode implementasi.
Dengan adanya game tersebut dapat membantu guru, pengajar dan orang tua untuk
menumbuhkan semangat sang buah hati dalam belajar. Game Pembelajaran ini juga dapat
melatih kreatifitas, bahasa, emosi, nilai sosial, sikap hidup dan keseimbangan otak kanan
dan kiri.
Kata Kunci : Pembelajaran, Game, Animasi 2Dimensi

Full Text:

Untitled

References


Andi, Mahir Dalam 7 hari

Macromedia Flash Pro

Yogyakarta : Madcoms, 2007

Ariyus, Dony, Keamanan

Mutimedia.Yogyakarta : Andi

Offset, 2007

Kurniawan, Yahya,ST, Belajar

Sendiri Macromedia Flash

Jakarta : Elex Media Komputido,

Mulyanta, Leong Marlon, Media

Pembelajaran.Yogyakarta :

Universitas

Atmajaya, 2009

Rosari, Winong Rinati,

Macromedia Flash Pro 8.Mediun :

Andi Offset, 2006

Sianipar, Pandapotan,Ir, Video

Editing.Jakarta : Elex Media

Komputido, 2006

Sunarto, Agus, Petunjuk

Penggunaan Cool Edit Pro.Jakarta

: Internews Indonesia, 2000

Susila, Candra Budi, Media

Pembelajaran Interaktif

Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada

Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi

Kecamatan Pacitan, Universitas

Surakarta, Surakarta,2012

Husaini, Fachri, Pembuatan

Media Edukasi Ayo Bermain Huruf

Hijaiyah Pada TPA An-nur

Daleman, Universitas Surakarta,

Surakarta,2013

Wibawanto, Wandah, Membuat

Game dengan Macromedia Flash,

ANDI, Yogyakarta, 2005

Wahyu Wibisono, Lies Yulianto,

Perancangan Game Edukasi Untuk

Media Pembelajaran Pada Sekolah

Menengah Pertama Persatuan Guru

Republik Indonesia Gondang

Kecamatan Nawangan Kabupaten

Pacitan, Indonesian Jurnal on

Computer Science - Speed (IJCSS) 13

Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN

– 9330

Dedy Sugiarto, Cicilia Puji Rahayu,

Pembuatan Program Permainan

Petualangan Tom Menggunakan

Visual Basic 6.0, Indonesian Jurnal on

Computer Science - Speed (IJCSS) 13

Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN

– 9330


Refbacks

  • There are currently no refbacks.