Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan
Abstract
technology manufacturing, delivery and media. One is The Making of Game Learning
Introduction Letters Hijaiyah in children needs to be improved both in intensity and the
media. To increase the intensity and efficiency of the delivery of necessary auxiliary media is
packaged in an interesting, relaxed, and interactive, one way is to package the game format.
Game with packaging will trigger curiosity, competitiveness, and a sense of fun while
learning. The methods used include interviewing methods, observation methods, library
methods, methods of system analysis, design methods, testing methods, and methods of
implementation. Given these games can help teachers, educators and parents to foster the
spirit of the baby in the study. Games Learning also can train creativity, language,
emotional, social values, attitudes and life balance right and left brain.
Key word : Learning, Game, Animasi 2Dimensi
Abstraksi:Media pembelajaran kini sudah kian maju dan berkembang. Baik secara
teknologi pembuatan,penyampaian maupun medianya. Salah satunya adalah Game
Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah pada anak perlu ditingkatkan baik secara
intensitas dan medianya. Untuk meningkatkan intensitas dan efisiensi penyampaian perlu
media pembantu yang dikemas secara menarik, santai, dan interaktif, salah satu caranya
adalah mengemas dengan format Game. Dengan kemasan Game akan memicu rasa
penasaran, daya saing, dan rasa senang saat belajar. Adapun metode-metode yang
digunakan diantaranya adalah metode interview, metode observasi, metode kepustakaan,
metode analisis system, metode perancangan, metode pengujian, dan metode implementasi.
Dengan adanya game tersebut dapat membantu guru, pengajar dan orang tua untuk
menumbuhkan semangat sang buah hati dalam belajar. Game Pembelajaran ini juga dapat
melatih kreatifitas, bahasa, emosi, nilai sosial, sikap hidup dan keseimbangan otak kanan
dan kiri.
Kata Kunci : Pembelajaran, Game, Animasi 2Dimensi
Full Text:
UntitledReferences
Andi, Mahir Dalam 7 hari
Macromedia Flash Pro
Yogyakarta : Madcoms, 2007
Ariyus, Dony, Keamanan
Mutimedia.Yogyakarta : Andi
Offset, 2007
Kurniawan, Yahya,ST, Belajar
Sendiri Macromedia Flash
Jakarta : Elex Media Komputido,
Mulyanta, Leong Marlon, Media
Pembelajaran.Yogyakarta :
Universitas
Atmajaya, 2009
Rosari, Winong Rinati,
Macromedia Flash Pro 8.Mediun :
Andi Offset, 2006
Sianipar, Pandapotan,Ir, Video
Editing.Jakarta : Elex Media
Komputido, 2006
Sunarto, Agus, Petunjuk
Penggunaan Cool Edit Pro.Jakarta
: Internews Indonesia, 2000
Susila, Candra Budi, Media
Pembelajaran Interaktif
Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada
Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi
Kecamatan Pacitan, Universitas
Surakarta, Surakarta,2012
Husaini, Fachri, Pembuatan
Media Edukasi Ayo Bermain Huruf
Hijaiyah Pada TPA An-nur
Daleman, Universitas Surakarta,
Surakarta,2013
Wibawanto, Wandah, Membuat
Game dengan Macromedia Flash,
ANDI, Yogyakarta, 2005
Wahyu Wibisono, Lies Yulianto,
Perancangan Game Edukasi Untuk
Media Pembelajaran Pada Sekolah
Menengah Pertama Persatuan Guru
Republik Indonesia Gondang
Kecamatan Nawangan Kabupaten
Pacitan, Indonesian Jurnal on
Computer Science - Speed (IJCSS) 13
Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN
– 9330
Dedy Sugiarto, Cicilia Puji Rahayu,
Pembuatan Program Permainan
Petualangan Tom Menggunakan
Visual Basic 6.0, Indonesian Jurnal on
Computer Science - Speed (IJCSS) 13
Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN
– 9330
Refbacks
- There are currently no refbacks.